5 Film Bertema Buruh, No 4 Bikin Kaget!

Tanggal 1 Mei setiap tahun, dunia merayakan Hari Buruh Internasional (International Workers Day) atau yang biasa kita kenal dengan nama May Day. Sejatinya Hari perayaan bagi pekerja identik dengan festival, pesta dan banyak tradisi unik lainnya. Namun, tidak bagi May Day, di sebagian besar negara di Dunia, khususnya di Indonesia May Day juga merupakan hari yang penuh protes, demonstrasi, dan kerusuhan para pekerja.

Nah, kita tidak akan membahas terlalu jauh mengenai sejarah May Day. Yang akan kita bahas disini adalah beberapa film terbaik yang mengangkat tema tentang para pekerja dan lingkup di dalamnya. Yuk kita simak 5 film bertema buruh versi icinema.

1. Office Space (1999)

Sekelompok karyawan sangat muak dengan atasan dan lingkungan kerja mereka. Pemecatan beberapa karyawan dengan alasan yang tidak wajar membuat mereka memberontak dengan menciptakan virus untuk membobol rekening perusahaan.

Film ini disutradarai oleh Mike Judge dan dibintangi oleh Ron Livingston, juga Jennifer Aniston.

Baca juga : The Dirt, Kisah Urakan Band Motley Crue

Tentu saja kalian bisa meniru tentang betapa kompaknya rekan kerja di film ini. Persahabatan yang terjalin di ruang kerja tentu saja akan menjadi motivasi untuk mengatasi berbagai problem di kantor. Namun, jangan meniru adegan dimana para karyawan mencuri rekening perusahaan yah. Nanti ditangkap polisi lho!

2. The Pursuit of Happyness (2006)

Chris Gardner (Will Smith) bangkrut setelah seluruh tabungannya dihabiskan untuk membeli waralaba alat kesehatan yang tidak laku di pasaran. Suatu hari ia bertemu seseorang yang mengendarai mobil Ferrari lalu bertanya, pekerjaan apa yang dilakukannya sehingga bisa membeli mobil mewah itu? Pria itu menjawab, pialang saham. Chris kemudian menerima tawaran magang tanpa dibayar di perusahaan sekuritas yang menjanjikan akan memberi pekerjaan kepada pialang saham terbaik.

Film ini di sutradarai oleh Gabriele Muccino. Sementara para aktor-nya diisi sederet bintang ternama seperti: Will Smith, Thandie Newton dan Jaden Smith. The Pursuit of Happynes sempat meraih nominasi Oscar melalui Will Smith sebagai Aktor utama terbaik tahun 2007.

3. The Company Men (2010)

Film ini bercerita mengenai kehidupan para karyawan kelas atas. Bobby Walker (Ben Affleck) adalah seorang karyawan di perusahaan besar yang telah mengabdi selama 12 tahun. Bencana yang menghantam perekonomian Amerika berimbas ke perusahaan tempatnya bekerja. Ribuan karyawan perusahaan tersebut terpaksa dipecat, tak terkecuali Bobby. Menghadapi keadaan barunya, Bobby tidak terbiasa dan merasa gengsinya “terganggu”. Sebagai orang dengan gaya hidup mewah, Bobby tidak bisa menerima kenyataan bahwa ia harus merelakan rumah besarnya, Porsche kesayangannya, keanggotaan di klub golf, dan lain sebagainya. Dalam kondisi ekonomi negara yang carut-marut, Bobby menemukan fakta bahwa mencari pekerjaan adalah hal yang amat sulit. Ia pun harus menghadapi cobaan terbesar dalam hidupnya: bekerja dengan gaji yang jauh di bawah standar (sebagai buruh) atau menjadi pengangguran selamanya.

Baca juga : Review Captain Marvel 2019

Film ini disutradarai oleh John Wells dan dibintangi Ben Affleck, Chris Cooper, Tommy Lee Jones. The Company Men sempat memenangkan awards pada Movies for Grownups Award sebagai film dengan skenario terbaik.

4. Flash of Genius (2008)

Film flash of genius ini menceritakan tentang kehidupan dan perjuangan seorang penemu yang mempertahankan hak paten atas penemuannya. Ia adalah Dr. Robert Kearns yang biasa dipanggil Bob. Ia adalah seorang dosen teknik elektro di sebuah universitas dan seorang penemu penghapus kaca berselang atau intermittent windshield wiper.

Saat tengah berkendara di saat hujan, Bob merasa jengan karena harus berulang kali meng-hidup-matikan wipernya. Dari situ dia mulai berpikir untuk menggabung kan cara kerja wiper kaca mobil dengan cara kerja mata yang mempunyai selang waktu. Dari sini lah awal atau alasan bob memulai penemuannya. Setelah itu ia langsung mengambil penggerak penghapus kaca dari mobilnya kemudian dia mulai mempelajari temuannya.

Film ini disutradarai oleh Marc Abraham dan dibintangi Greg Kinnear, Lauren Graham, Alan Alda.

5. Horrible Bosses (2011)

Dale, Kurt dan Nick memiliki masalah dengan bos mereka masing-masing. Mereka tidak tahan lagi kerja dengan posisi yang bos mereka menjengkelkan seperti itu dan membuat mereka tidak betah. Mencoba keluar dari pekerjaan bisa membuat mereka stress karena sulit untuk mencari pekerjaan lain, lalu apa yang mereka harus lakukan?

Membunuh boss mereka satu persatu agar jabatan mereka naik atau tidak bertemu dengan mungkin menjadi jalan pintas memecahkan masalah mereka. Maka dari itu mereka bertiga sepakat untuk menyewa pembunuh bayaran untuk dapat memecahkan masalah mereka tersebut. Akhirnya mereka menemukan Motherfucker Jones yaitu pembunuh bayaran. Karena tidak tahan kelakukan Boss mereka maka mereka mengumpulkan uang untuk membayar si Motherfucker Jones. Karena uangnya kurang Jones cuman memberi ide untuk mereka melakukan pembunuhan tanpa jejak, mulus, dan lancar.

Film Horrible Bosses yang dibintangi oleh Jason Bateman, Charlie Day, Jason Sudeikis. Dan disutradarai oleh Seth Gordon.

Nah, itulah 5 Film Bertema Buruh yang telah kami rangkum untuk kalian semua. Sebenarnya masih cukup banyak film dengan tema serupa yang bisa diangkat. Namun icinema hanya mengambil film-film dari era tahun 90-an keatas. Bagaimana pendapat kalian guys? yuk share di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *