5 Film Bertema Pemilu Terbaik

Indonesia sebagai negara demokrasi, Pemilu (Pemilihan Umum) bukanlah hal yang asing untuk warga Indonesia. Pemilu di Indonesia pertama kali dilakukan pada tahun 1955. Tetapi, rakyat Indonesia baru bisa memilih presiden dan wakilnya secara terbuka pada tahun 2004 silam dan Susilo Bambang Yudhoyono menjadi presiden pertama yang terpilih lewat pemilu terbuka.

Pemilu tahun ini akan dilaksanakan pada 17 April 2019, dengan dua kandidat Capres (Calon Presiden) dan Cawapres (Calon Wakil Presiden), yaitu Joko Widodo (Capres) berpasangan dengan Ma’ruf Amin (Cawapres) yang akan bertarung melawan Prabowo Subianto (Capres) dengan Sandiaga Uno (Cawapres). Berikut ini adalah 5 film bertemakan pemilihan presiden :

1.Ides of March (2011)

The Ides of March berkisah mengenai perjuangan seorang Manajer Deputi Kampanye, Stephen Meyer (Ryan Gosling), dalam mengumpulkan suara untuk Gubernur Pennsyvania dari Partai Demokrat, Mike Morris (George Clooney) di negara bagian Ohio. Berbeda dengan cara kerja Stephen, kubu berseberangan, yaitu dari Partai Republik, Ted Pullman (Michael Mantell), menggunakan cara-cara tertentu untuk mengumpulkan suara sebanyak-banyaknya, termasuk mengiming-imingi jabatan kepada salah satu senator yang memiliki delegasi yang cukup besar di Ohio. Film yang disutradarai oleh George Clooney, berhasil masuk kedalam nominasi Golden Globe Award untuk kategori Best Motion Picture Drama tahun 2012.

2. Swing Vote (2008)

Swing Vote bercerita tentang Molly (Madeline Carroll) yang berusaha secara diam-diam menggantikan ayahnya, Bud (Kevin Costner), untuk memberikan suara dalam Pemilu Presiden, mengingat ayahnya tidak peduli terhadap hal tersebut. Namun ketika akan memberikan suaranya, listrik mendadak mati. Hingga akhirnya Pemilu sendiri bergantung pada satu suara, yaitu suara milik Bud. Perhatian media sendiri tertuju pada Bud. Menarik bagaimana melihat upaya kedua kandidat untuk menyenangkan Bud.

Baca Juga : review film dilan 1991

3. Recount (2008)

Film ini berlatar belakang pada masa Pemilu Presiden AS tahun 2000. Di mana pada saat itu George W. Bush berhadapan denga Al Gore. Kontroversi muncul ketika diharuskan diadakannya pemilu ulang di negara bagian Florida akibat kedudukan kedua kubu yang sama kuat. Film ini dibintangi oleh Kevin Spacey, Laura Dern dan Jay Roach sebagai sutradara.

4. Man of the Year (2006)

Man of The Year adalah sebuah film bergenre drama komedi yang dirilis pada tahun 2006. Film ini bercerita tentang seorang komedian bernama Tom Dobbs (Robbie Williams). Nama tom sendiri sudah tidak asing lagi bagi para penonton amerika. Tom dikenal sebagai seorang komedian yang mampu membuat lelucon dari rasa frustasi masyarakat terhadap sistem politik yang berlaku. Hingga suatu ketika ada anjuran untuk tom agar maju untuk mengikuti pemilihan presiden. Film ini disutradarai oleh Barry Levinson (Rain Man, Wag The Dog, Paterno)

5. Head of State (2003)

Head of State adalah film komedi Amerika 2003 yang disutradarai, ditulis, dan dibintangi oleh Chris Rock. Film ini merujuk pada salah satu fungsi utama Presiden Amerika Serikat, sebagai kepala negara Amerika. Mays Gilliam (Chris Rock) adalah anggota dewan dari bangsal ke-9 di wilayah Washington D.C. Setelah dipecat dari jabatannya, Mays secara mengejutkan dipilih sebagai kandidat partai untuk pemilihan presiden (setelah calon presiden dan wakil presiden dari partainya meninggal dalam kecelakaan pesawat) untuk berlari melawan wakil duduk Presiden Brian Lewis (Nick Searcy). Dengan asumsi pemilihan sudah hilang, partai memutuskan untuk memilih kandidat minoritas yang disukai tetapi kehilangan untuk meningkatkan peluang mereka dari politisi lain yang mengambil kantor dalam pemilihan presiden berikutnya.

Sebelum kita berpartisipasi dalam pemilihan umum pada 17 April 2019 nanti, kira-kira kamu paling suka dengan film yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *