5 Film dengan Scoring Terbaik Versi icinema

Apa jadinya ya jika film tanpa adanya musik, sound effect atau backsound? atau biasa dikenal dengan sebutan Scoring. Pasti kalian ga akan bisa bertahan lama menontonnya kalau memang kalian bukan pecinta jenis film bisu.

Dalam sebuah film banyak sekali elemen pendukung yang dapat membuat film itu menjadi lebih menarik, salah satunya adalah film score. Film score adalah musik orisinil yang memang sengaja dibuat untuk mendampingi gambar atau visual dalam sebuah film yang bentuknya bisa berupa sound effect, dialog, sound track atau instrumental agar dapat membuat sebuah adegan terlihat dramatis, sehingga emosi penonton dapat tenggelam dalam film tersebut.

Baca juga : 5 Film Komedi Romantis Korea Versi iCinema

Film score sendiri bermula tahun 1940-an, awalnya berbentuk penampilan live orkestra yang mengiringi pemutaran film bisu. Penggabungan dua elemen visual dan audio merupakan penemuan yang sangat luar biasa saat itu karena membuat penonton dapat mendalami dan meresapi setiap adegan dalam sebuah film.

Kali ini icinema ingin memberikan refensi film score yang menurut kami bagus walaupun masih banyak yang lebih baik:

1. Mad Max: Fury Road (2015)

Sulit menemukan film score modern yang tidak terasa turunan, tetapi george miller tahu apa yang ia lakukan ketika ia memperkerjakan multi-instrumentalis dan komposer asal Belanda Tom Holkenborg alias Junkie XL yang pernah menjadi kolabolator dekat Hans Zimmer. Backsound saat mengemudi yang dibuat Holkenborg sangat cocok dengan dunia kacau dalam film franchise Mad Max

2. The Social Network (2010)

Sangat sulit membayangkan adegan tentang pencurian teknologi dan pencitraan merek tanpa nada yang menyeramkan dan menghantui. Para pentolan nine inch nails Trent Reznor dan Atticus Ross berhasil membuat scoring untuk film karya David Fincher tentang kisah keserakahan dan ego yang menjadi serba salah.

3. The Dark Knight (2008)

Ketika diberi kesempatan membuat film franchise batman yang terkenal, Christopeher Nolan menata ulang sang crusader bertopi sebagai anti pahlawan yang sedang merenung, ia mengajak Hans Zimmer dan James Newton Howard yang pernah bekerjasama dalam film Batman begins untuk membuat suara latar yang gelap dengan bass yang berdenyut dan string yang menjerit-jerit. Jika mendengar dengan cermat kamu hampir dapat mendengar suara Joker Heath Ledger di kepala kamu, mendesak kamu untuk melakukan sesuatu.

4. Titanic (1997)

Nilai James Horner dalam membuat film score Titanic ini adalah segalanya. Kita dapat merasakan Megah, dingin, kecelakaan hingga tenggelam dalam karyanya. James Cameron tahu persis siapa orang yang dapat bekerja untuk karya agung ini.

5. The Godfather (1972)

Film dengan Scoring legendaris yang bercerita tentang kisah keluarga mafia ini di buat oleh Giovanni “Nino” Rota komposer asal Italia yang sangat produktif pada masa itu, ia dapat membuat mafia sungguhan menangis ketika mendengar karyanya dalam film tersebut.

Itulah 5   film score terbaik versi Icinema. Kira-kira kalian suka film score yang mana? Tulis di kolom komentar ya!

Scoring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *