5 Film Terbaik Jet Li Sepanjang Masa

Kalau bicara tentang film-film bela diri, ada satu nama yang hampir langsung muncul di pikiran para fans, dialah Jet Li. Jet Li merupakan salah satu aktor yang paling sukses di pasar film, mulai dari Asia hingga pasar Internasional.

Aktor bernama asli Li Lian Jie ini merupakan salah satu seniman bela diri yang paling terkenal dan dihormati dalam sejarah film. Ia banyak membintangi film bergenre bela diri, dari mulai gaya tradisional seperti Hero dan Once Upon a Time di Cina hingga aksi kontemporer seperti Romeo Must Die. Tak salah rasanya jika fans mulai men-sejajarkan dirinya dengan Jakcie Chan bahkan Bruce Lee.

Berikut saya akan mencoba merangkum 5 film terbaik Jet Li sepanjang masa.

Once Upon a Time in China (1991)

5 Film Terbaik Jet Li

Yang pertama adalah Once Upon a Time di Cina. Disini, Jet Li berperan sebagai seniman bela diri dan pahlawan rakyat Tiongkok yang terkenal, Wong Fei-Hong. Wong bersama dengan murid-muridnya berusaha melawan para penjajah yang menggunakan senjata barat. Wong yang hanya berbekal seni bela diri tradisional seperti Kung-Fu akhirnya mampu memenangkan pertempuran melawan para penjajah. Difilm ini Jet Li berbagi layar dengan Rosamund Kwan yang berperan sebagai Yui Swi-Kwan.

Film ini disutradarai oleh Hark Tsui, sementara naskahnya ditulis oleh Yiu-ming Leung. Once Upon a Time in China sempat memenangkan penghargaan Golden Horse Award sebagai Best Scoring Music tahun 1992.

Hero (2002)

Di film ini Jet Li memerankan Nameless, seorang perwira pertahanan Raja Qin. Film ini menceritakan tentang pertempuran antara dia dan musuh-musuhnya, Sky (Donnie Yen), Broken Sword (Tony Leung), dan Flying Snow (Maggie Cheung). Hero memiliki sinematografi yang luar biasa indah dan didukung oleh adegan pertarungan yang juga ciamik.

Saat pertama kali dirilis, film Hero menjadi satu-satunya film berbahasa Cina pertama yang menjadi No. 1 di box-office Amerika. Dan sempat masuk dalam Nominasi Oscar sebagai film berbahasa asing terbaik. Hero disutradarai oleh Yimou Zhang, sementara naskahnya ditulis oleh Feng Li bersama dengan Yimou Zhang.

Baca juga : 6 Film Terbaik dengan Satu Lokasi Syuting

Romeo Must Die (2000)

Kali ini, Jet Li berperan sebagai Han Sing. Di film ini Jet Li tak tampil ‘dingin’ sebagai ahli bela diri, digambarkan ia juga menjalin hubungan asmara dengan Trish 0’Day yang dimainkan oleh Aaliyah. Ini merupakan kali pertama Jet Li (memiliki scene romantis) sejak debut-nya didunia perfilman.

Meskipun film ini memiliki genre action dan bertema balas dendam. Romeo Must Die juga banyak menampilkan unsur komedi, hal ini memungkinkan Jet Li memainkan peran yang lebih ringan daripada yang terlihat dalam film sebelumnya. Film ini juga memiliki koregrafi yang ciamik, apalagi pertempuran terakhir antara Sing dan musuh bebuyutannya Kai (Russell Wong) yang (mungkin) menjadi salah satu adegan fighting paling berkesan sepanjan masa.

Film Romeo Must Die disutradarai oleh Andrzej Bartkowiak, sementara naskahnya ditulis oleh Eric Bernt. Romeo Must Die sempat meraih penghargaan Emmy Awards melalui Soundtrack yang dinyanyikan Aaliyah sebagai Best Female R&B Vocal Performance.

Fist of Legend (1994)

5 Film Terbaik Jet Li

Film ini merupakan Remake Fist of Fury-nya Bruce Lee. Disini Jet Li berperan sebagai Chen Zhen, yang setelah mengetahui kematian gurunya, kembali ke Cina selama pendudukan Jepang pada tahun 1937. Setibanya di China, dia mendapati negaranya dipenuhi dengan ketegangan rasial antara warga Tiongkok dan pasukan Jepang. Saat Chen mencari kebenaran tentang kematian Gurunya, tanpa sengaja dia terjerat kedalam konflik ketegangan melawan penjajah.

Baca juga : 6 Film Thriller Korea Terbaik

Melalui film ini, sosok Chen menjadi salah satu peran Jet Li yang paling ikonik. Adegan koreografi pertarungannya pun sangat memukau, tak heran jika kemudian Wachowski Brothers merekrut koreografer Yuen Woo-ping untuk menggarap film mereka The Matrix.

Film ini disutradrai oleh Gordon Chan, sementara naskahnya ditulis oleh Kwong Kim Yip. Selain Jet Li, Fist of Legend juga dibintangi oleh Shinobu Nakayama dan Siu-Ho Chin.

Fearless (2006)

Film Fearless merupakan adaptasi dari kehidupan legenda seni bela diri Huo Yuanjia sang pendiri Federasi Olahraga Jin Wu. Ini merupakan film aksi terakhir Li yang masih menggunakan gaya bertarung Wushu. Pada awal film, Yaunjia (Jet Li) adalah seorang pria muda yang sombong dan keras kepala yang hanya peduli tentang memenangkan perkelahian. Namun setelah kemalangan menimpanya, ia pergi dari rumah, dan kembali lagi bertahun-tahun kemudian, menjadi seorang pria yang jauh lebih dewasa dan bijaksana. Tak hanya itu, kemampuan bela dirinya pun meningkat dengan pesat.

Fearless disutradarai oleh Ronny Yu, sementara naskahnya ditulis oleh Chris Chow. Fearless sempat masuk nominasi Saturn Award di kategori Best International Movies.

Itu dia 5 Film Terbaik Jet Li yang sudah saya rangkum untuk kalian. Yuk share pendapat kalian tentang 5 Film Terbaik Jet Li di kolom komentar.

415 kali dilihat
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail