6 Film Thriller Korea Terbaik

Korea Selatan saat ini lebih dikenal sebagai produsen film Drama dengan KDrama-nya. Namun, siapa sangka dibalik kecantikan dan ketampanan para aktornya, Korea Selatan juga memiliki banyak film ber-genre Thriller. Film Thriller-nya pun tak bisa dianggap kacangan, beberapa diantara-nya berhasil menyabet banyak penghargaan.

Kali ini, icinema akan merangkum 6 Film Thriller Korea Terbaik untuk kalian. Oiya, urutan film ini dibuat secara acak, tidak berdasarkan kualitas ataupun rating.

Oldboy (2003)

Film Thriller Korea Terbaik
Film Thriller Korea Terbaik

Seorang pria pemabuk, diculik dimalam hari pada tahun 1988. Oh Dae-Su, sangat terkejut, ketika dia tersadar dan terkunci didalam sebuah kamar tanpa jendela, tanpa alasan yang jelas. Di tempat itu, Oh Dae-Su tetap diberi makan dan pakaian. Bahkan, para penculik selalu siap untuk membiusnya saat Oh Dae-Su mencoba bunuh diri.

Tetapi kemudian, secara tak terduga, setelah 15 tahun ditahan. Oh Dae-Su sengaja dibebaskan. Didorong rasa penasaran, ia lalu mencoba mencari siapa yang menculiknya dan berencana membalas dendam. Dalam pencariannya, Oh Dae-Su justru bertemu dengan Mi-do dan jatuh cinta dengannya. Ternyata, hubungan tersebut-pun bagian dari rencana sang penculik.

Film berjudul asli Oldeuboi ini disutradarai oleh Chan-wook Park. Dan naskahnya ditulis oleh Garon Tsuchiya yang diangkat dari komik karya Nobuaki Minegishi. Diperankan oleh aktor gaek Min-sik Choi sebagai Oh Dae-Su, Hye-jeong Kang sebagai Mi-do. Dan Ji-tae Yu sebagai Woo-jin Lee.

Baca juga : Review A Hard Day (2014)

Oldboy sempat di remake oleh Holywood dengan judul sama, yang disutradarai oleh Spike Lee. Dan diperankan oleh Josh Brolin bersama dengan Elizabeth Olsen. Namun, film remake-nya tersebut gagal menyamai prestasi film aslinya. Dilansir dari situs imdb.com, film Oldboy aslinya berhasil mendapatkan rating 8.4 sementara versi remakenya hanya mendapat rating 5.8.

I Saw the Devil (2010)

Film Thriller Korea Terbaik

Jang Kyung-chul adalah psikopat yang berbahaya. Dia telah melakukan pembunuhan berantai yang kejam dan mengerikan. Korbannya berkisar dari wanita muda hingga anak-anak. Polisi telah berusaha mengejarnya sejak lama, namun karena kelihaiannya Jang Kyung-chul selalu berhasil lolos.

Suatu hari, Joo-yeon, putri seorang kepala polisi yang sudah pensiun menjadi mangsanya dan ditemukan tewas dalam keadaan yang mengerikan. Tunangannya Soo-hyun yang juga merupakan seorang agen rahasia, memutuskan untuk melacak dan membalas dendam.

Dia berjanji pada dirinya sendiri bahwa dia akan melakukan segalanya untuk membunuh Jang Kyung-chul. Bahkan jika itu berarti dia harus menjadi monster.

Film yang memiliki judul Ang-ma-reul bo-at-da ini disutradarai dan ditulis oleh Jee-woon Kim. Sementara Min-sik Choi yang di film Oldboy menjadi sosok protagonis, di film ini ia berperan sebagai sosok penjahat utamanya. Byung-Hun Lee berperan sebagai Kim Soo-hyeon dan In-seo Kim berperan sebagai Se-jung.

Di situs imdb.com, film I Saw The Devil ini berhasil mendapatkan rating 7.8 dari 94.111 voters.

Memories of Murder (2003)

Film Thriller Korea Terbaik
Film Thriller Korea Terbaik

Pada tahun 1986, di provinsi Gyunggi, Korea Selatan, seorang wanita muda dan cantik ditemukan tewas. Wanita tersebut merupakan korban kedua yang tewas setelah, diperkosa, diikat dan disumpal dengan pakaian dalamnya. Park Doo-Man dan Cho Yong-koo, dua detektif lokal yang ceroboh dan tak memiliki prestasi apa pun, mulai menyelidiki pembunuhan tersebut. Tentu saja dengan menggunakan kebodohan mereka dan menyiksa para tersangka. Jelas saja, penyelidikan mereka berdua tak membuahkan hasil.

Detektif Seo Tae-Yoon dari Seoul lalu datang untuk membantu penyelidikan dan yakin bahwa seorang pembunuh berantai sedang membunuh para wanita. Ketika seorang wanita ketiga ditemukan tewas dengan “modus” yang sama, ketiga detektif tersebut lalu menemukan titik cerah tentang sang pembunuh.

Baca juga : 7 Sutradara Terbaik Korea Selatan Versi iCinema

Film berjudul asli Salinui chueok ini disutradarai juga ditulis oleh Joon Ho Bong. Dan dibintangi oleh Kang-ho Song sebagai Detective Park Doo-man, Sang-kyung Kim sebagai Detective Seo Tae-yoon. Dan Roe-ha Kim sebagai Detective Cho Yong-koo.

Memories of Murder sempat memenangkan 26 penghargaan dan 3 nominasi. Diantaranya di Busan Film Critics Association Award, yang menobatkan Joon Ho Boong sebagai sutradara terbaik. Menurut situs imdb.com, film ini mendapat rating 8.1/10 dari 101.003 voters.

A Bittersweet Life (2005)

Film Thriller Korea Terbaik

Sun-woo adalah seorang preman anak buah pemilik hotel. Dia setia pada atasannya, Mr. Kang. Bos Kang memerintahkan Sun-woo menguntit pacarnya yang dituduh berselingkuh. Jika, pacar Mr. Kang benar-benar berselingkuh, ia ditugaskan untuk ‘menghabisi’ pacar juga selingkuhannya. Ini misi sederhana sampai kemudian Sun-woo mendapati sang pacar bos benar-benar berselingkuh. Namun dia tidak menghabisi, melainkan membiarkan sang pacar bos untuk kabur.

Hal tersebut lalu membuat bos Kang marah. Disatu sisi, Sun-woo merasa tak membunuh pacar bos adalah bukan seuatu kesalan. Karena hal tersebut, Sun-Woo disiksa habis-habisan, beruntung Sun-woo berhasil kabur. Lalu berusah melakukan misi balas dendam.

Film berjudul asli Dalkomhan insaeng ini disutradarai dan ditulis oleh Jee-woon Kim. Sementara jajaran cast-nya diisi oleh Byung-Hun Lee sebagai Sun-woo, Min-a Shin sebagai Hee-soo. Dan Yeong-cheol Kim sebagai Mr. Kang.

A Bittersweet Life berhasil memeangkan 7 penghargaan dan 4 nominasi. Sementara rating imdb-nya 7.6 dari 31,795 voters.

The Man From Nowhere (2010)

Mantan agen khusus Cha Tae-shik adalah seorang penyendiri. Dia hanya memiliki seorang gadis kecil sebagai teman, bernama So-mi, yang tinggal di dekatnya. Suatu saat, Ibu So-Mi; Hyo-jeong menyelundupkan obat-obatan dari geng bandar narkoba. Para geng yang merasa kehilangan lalu mencari tahu tentang penyelundupannya dan menculik Hyo-jeong juga So-mi. Mereka berjanji untuk membebaskan Hyo-jeong juga So-mi jika Tae-shik melakukan ‘pengiriman barang’ untuk mereka.

Namun ternyata perintah tersebut adalah sebuah jebakan, yang melibatkan geng narkoba yang lebih besar. Ketika tubuh Hyo-jeon ditemukan, Tae-shik menyadari bahwa kehidupan So-mi juga mungkin dalam bahaya. Tae-shik pun berang, mengira So-mi mungkin sudah mati, ia pun bersiap untuk ‘berperang’. Tak peduli lagi akan nyawanya demi menyelamatkan nyawa So-mi.

Film yang memiliki judul asli Ajeossi ini disutradarai oleh Jeong-beom Lee yang juga sekaligus menulis naskahnya. The Man from Nowhere dibintangi oleh aktor kece Won Bin sebagai Cha Tae-sik dan Sae-ron Kim berperan sebagai So-mi.

Sympathy for Mr. Vengeance (2002)

Di Seoul, Ryu, seorang pekerja yang tuli memiliki seorang saudara perempuan yang membutuhkan transplantasi ginjal. Dia mencoba menyumbangkan ginjalnya sendiri kepada saudara perempuannya, tetapi golongan darahnya tidak cocok dengan miliknya. Ketika Ryu dipecat dari kantor tempatnya bekerja, ia bertemu dengan pedagang organ ilegal. Dari sana para penjahat mengusulkan agar ia memberi mereka ginjalnya ditambah sepuluh juta Won untuk ditukar dengan ginjal yang cocok bagi saudara perempuannya.

Ryu pun setuju, tetapi dia tidak punya uang untuk membayar operasi. Pacar Ryu; Cha Young-mi lalu mengusulkan untuk menculik Yossun, putri pemilik perusahaan tempat sebelumnya Ryu bekerja. Namun, sebuah tragedi terjadi, menghasilkan serangkaian aksi kekerasan yang sadis.

Film berjudul asli oksuneun naui geot ini disutradarai oleh Chan-wook Park, sementara naskahnya ditulis oleh Jae-sun Lee. Dan untuk jajaran castnya diisi oleh Ha-kyun Shin sebagai Ryu, Kang-ho Song sebagai Dong-jin Park. Dan Doona Bae sebagai Yeong-mi Cha.

Sympathy for Mr. Vengeance berhasil meraih 7 penghargaan, diantaranya sebagai Skenario Terbaik di Korean Association of Film Critics Award.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *