7 Film Jurnalisme Terbaik Versi iCinema

Di mata orang awam, wartawan nampaknya jadi profesi impian. Mereka dinilai bisa dengan mudah bertemu orang-orang penting, sering bepergian ke tempat-tempat baru, dan punya wawasan luas. Namun, menjadi wartawan tak semudah itu. Ia dihadapkan pada tuntutan kerja serba cepat, teliti, dan kritis terhadap para narasumber. Nah, inilah 7 film bertema jurnalisme terbaik versi iCinema!

Baca juga : 6 Film Bertema Luar Angkasa Terbaik Versi iCinema

1. All The President’s Men

Film bertema jurnalisme terbaik ini tergolong lawas karena diproduksi di tahun 1976. All The President’s Men mengisahkan dua wartawan The Washington Post, Bob Woodward dan Carl Bernstein, dalam mengungkap skandal Watergate yang melibatkan Presiden Amerika Serikat Richard Nixon.

Dalam pengumpulan keterangan, kedua jurnalis Washington Post tersebut berhasil mengorek narasumber berinisial Deep Throat yang berasal dari Federal Bureau Investigation (FBI).

2. The Insider

Film bertema jurnalisme terbaik ini membahas seputar industri tembakau. Russell Crowe tampil dalam salah satu performa terbaiknya bersama Al Pacino dalam film The Insider. Sutradara Michael Mann menampilkan kisah fiktif dari kejadian nyata tentang seorang oknum di perusahaan tembakau yang menjadi informan bagi seorang jurnalis dalam mencari berita di seputar dunia rokok ini.

Kebobrokan dalam perusahaannya banyak yang terbongkar, salah satunya adalah masalah kecanduan akan rokok di mana kadar nikotin yang berlebihan. Dengan banyak rintangan, akhirnya hasil investigasi ini dapat ditayangkan dalam acara di salah satu televisi terbaik USA.

3. Almost Famous

Film bertema jurnalisme terbaik yang melambungkan nama sutradara Cameron Crowe dan aktris Kate Hudson ini merupakan semi-autobiografi dari Crowe sendiri yang ketika masa remaja menjadi salah satu penulis bagi majalah Rolling Stone. Karakter utamanya bermaksud menulis berita tentang band-band idolanya. Saat itu, ia ditugaskan harus mengikuti salah satu band rock terkenal, Stillwater, dalam rangkaian tur mereka.

Banyak hal yang terjadi padanya yang membuat dirinya lebih dewasa dan paham akan seluk-beluk dunia musik secara detil. Cameron Crowe sendiri meraih Golden Globe di kategori Best Original Screenplay dan Kate Hudson di kategori Best Supporting Actress.

4. Kill The Messenger

Berdasarkan kisah nyata yang dialami oleh jurnalis Gary Webb dalam menguak impor kokain di era 1990-an yang berada di balik oknum pejabat pemerintahan ini diperankan oleh Jeremy Renner yang juga bertindak selaku produser film.

Naskahnya sendiri diadaptasi oleh Peter Landesman dari dua buku, yaitu Kill the Messenger karya Nick Schou dan Dark Alliance karya Gary Webb sendiri. Meski hanya dirilis secara independen, film bertema jurnalisme terbaik ini berhasil meraih banyak penghargaan dari beberapa festival film berskala kecil tetapi bergengsi, seperti Golden Trailer Awards dan Traverse City Film Festival.

5. Nightcrawler

Hanya bermodalkan kamera dan keberanian, seorang pencuri yang bosan dengan profesinya mencoba meliput peristiwa dan dijual ke beberapa media demi mencari uang. Instingnya yang cepat membuat kariernya melaju semakin pesat. Tak hanya itu saja, bahkan Ia semakin mahir pula dalam menyajikan rekaman atas sebuah peristiwa yang nantinya akan dijadikan berita di televisi.

Tetapi di saat mengalami kebuntuan dalam mencari berita, dia pun harus membuat sebuah peristiwa yang layak dijadikan berita besar menurutnya. Film bertema jurnalisme terbaik yang dibintangi oleh Jake Gyllenhaal ini sebenarnya lebih mengarah kepada tema psikologi, yakni saat karakternya kecanduan akan sebuah berita dan melakukan segala cara untuk mencarinya, bahkan membuat berita.

6. Truth

Film bertema jurnalisme terbaik keluaran bulan Oktober 2015 ini menceritakan kisah nyata kehidupan Mary Mapes, seorang produser media CBS News untuk acara 60 minutes. Ini adalah sebuah program yang mengupas tuntas masalah politik dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan para petinggi negara.

Mary Mapes bersama Dan Rather, terpilih untuk menjadi produser acara talk show yang membahas tentang penyiksaan yang pernah terjadi antara sesama tahanan di penjara Abu-Ghraib. Hal itu pun, menjadikan Mary dan Dan mendadak ngetop dengan acara yang melibatkan orang paling berkuasa di Amerika.

Film bertema jurnalisme terbaik ini benar-benar diadaptasi dari sebuah kisah nyata yang dialami dan ditulis oleh jurnalis Amerika Mary Mapes tahun 2005 berjudul Truth and Duty: The Press, The President and The Previlege of Power yang memiliki kandungan kontroversi yang dimiliki oleh Letnan Kolonel Killian.

Film bertema jurnalisme terbaik ini pun dikemas secara apik oleh Sony Picture Classic dan diperankan oleh para pemain bintang berkualitas seperti Cate Blanchett, Robert Redford, Dennis Quaid.

7. Spotlight

Film bertema jurnalisme terbaik ini meraih Best Picture dalam Academy Awards. Spotlight menceritakan investigasi tim jurnalis dari sebuah surat kabar, yaitu The Boston Globe, ketika mereka ingin menguak pelecehan seksual yang dilakukan oleh para pendeta terhadap anak-anak di gereja mereka.

Karena isu yang mereka cari ini terlalu sensitif, banyak pihak yang menghambat kerja mereka, termasuk kalangan pejabat dan pihak gereja sendiri. Kisah ini diangkat berdasarkan kejadian nyata di kota Boston pada tahun 1976.

Itulah 7 film bertema jurnalisme terbaik versi iCinema. Adakah sudah yang kamu tonton? Tuliskan di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *