7 Film yang Diangkat dari Kisah Nyata

Tidak semua film layar lebar adalah fiksi. Ada beberapa film yang mengangkat ceritanya dari novel atau bahkan dari kisah nyata. Terkadang, sebuah kisah nyata memang lebih menarik jika diangkat menjadi film. Seseorang lebih mudah mencerna kisah nyata yang difilmkan ketimbang membaca kisahnya dalam bentuk tulisan. Nah, berikut ini adalah 7 film yang diangkat dari kisah nyata!

1. The Wolf of Wall Street

Dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Margot Robbie, film dari kisah nyata ini dibuat berdasarkan perjalanan hidup yang dialami oleh Jordan Belfort. Dalam film ini, kejahatan dan tindak kriminal terlihat sangat menyenangkan.

Jordan Belfort adalah pialang saham yang kaya. Tokoh Belfort yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio berjuang setengah mati untuk mencapai kesuksesannya saat itu. Akan tetapi, lambat laun Belfort mengalami kejatuhan yang melibatkan kejahatan, gaya hidup seks bebas, narkoba, korupsi, dan pemerintahan federal.

Baca juga : 5 Film Thailand Romantis Ini Wajib Kamu Tonton

2. The Conjuring

Masih membahas mengenai film dari kisah nyata, tapi kali ini kita beralih pada genre horror. The Conjuring adalah salah satu film horror menurut publik. Film dari kisah nyata ini sendiri diangkat dari salah satu kasus yang ditangani oleh sepasang paranormal terkenal, Ed dan Lorraine Warren.

Cerita bermula ketika Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine (Vera Farmiga) diminta untuk membantu sebuah keluarga yang diteror oleh roh jahat di sebuah rumah yang terpencil. Mereka berhadapan dengan roh jahat yang tidak mau menyerah begitu saja.

Pasangan paranormal tersebut langsung menyadari bahwa ini merupakan kasus paling mengerikan dalam hidup mereka.

3. 12 Year A Slave

12 Years A Slave adalah film dari kisah nyata yang menceritakan tentang perbudakan orang-orang kulit hitam di tahun 1800-an. Film ini diangkat dari kisah hidup Solomon Northup (Chiwetel Ejiofor), seorang kulit hitam yang pada awalnya memiliki kehidupan yang sejahtera dan jauh dari perbudakan.

Solomon sangat pandai bermain biola sehingga namanya sangat tersohor. Suatu ketika, Solomon menjadi korban penculikan dan hendak dijadikan budak di New Orleans.

Semula, Solomon berpegang teguh pada pendiriannya agar bisa bebas dari perbudakan itu, tetapi perasaan takut mati membuatnya tidak bisa kabur dan harus pasrah menjalani perbudakan tersebut.

4. Hidden Figures

Selanjutnya, ada sebuah film dari kisah nyata orang-orang penting di balik kesuksesan NASA mengirimkan manusia pertama untuk mendarat di bulan. Diberi judul Hidden Figures karena masih banyak orang yang tidak mengetahui sosok penting dalam misi yang tak terlupakan itu. Yang orang-orang tahu, Neil Armstrong adalah manusia pertama yang berjalan di bulan. 

Hidden Figures menceritakan tentang tim ahli matematika yang terdiri dari tiga orang wanita, Katherine G. Johnson (Taraji P. Henson), Dorothy Vaughan (Octavia Spencer) dan Mary Jackson (Janelle Monae). Ketiga wanita inilah yang membuat perhitungan terhadap pesawat yang digunakan pada misi pertama NASA mendarat di bulan.

5. Into The Wild

Film dari kisah nyata yang satu ini mewakilkan beberapa orang yang merasa jenuh dengan kehidupan yang segalanya dinilai dengan uang. Penonton akan diajak mengikuti perjalanan Christopher McCandless, seorang atlet sekaligus sarjana lulusan Emory University.

Yang membuat film dari kisah nyata ini unik, sebelum memulai perjalanannya, Christopher meninggalkan seluruh harta miliknya dan mendonasikan seluruh uang tabugannya sebesar US $ 24.000. Christopher memulai perjalanan ke Alaska seorang diri dan hidup mengikuti suara hatinya sendiri.

6. American Made

Siapa yang tak kenal dengan Pablo Escobar? Ia adalah gembong narkoba yang paling terkenal di dunia dan mendapat julukan sebagai “The King of Cocaine.”

Film American Made ada hubungannya dengan Pablo Escobar karena film dari kisah nyata ini mengangkat cerita Barry Seal (Tom Cruise), pilot pesawat komersil yang dipindah tugaskan sebagai agen CIA yang menyamar sebagai kurir narkotika bagi Pablo Escobar.

Sebagai seorang yang menjalani profesi yang berisiko, Seal harus menjalani hidup yang menegangkan. Seal harus menjalankan perannya untuk DEA, menjadi mata-mata untuk Negara, sekaligus menjadi kurir narkoba bagi orang yang berbahaya.

7. 127 Hours

Film dari kisah nyata yang terakhir adalah cerita Aron Ralston, seorang pendaki gunung yang terperangkap di Blue John Canyon selama 5 hari 7 jam (127 jam). Dalam film dari kisah nyata berdurasi 94 menit ini penonton akan diajak merasakan pengalaman Ralston yang terperangkap di gunung dengan sedikit makanan dan air, pisau lipat, dan camcorder yang awalnya dimanfaatkan untuk membuat Vlog. 

Ketegangan ketika menonton film ini terjadi saat Ralston berada dalam keputusan yang sulit, yakni ia harus mengamputasi lengannya sendiri untuk bertahan hidup. Akankah Ralston bisa bertahan hidup? Bagaimana cara Ralston bisa lolos dari gunung tersebut? Temukan jawabanya dalam 127 Hours.

Itulah 7 film yang diangkat dari kisah nyata. Adakah yang menjadi film favoritmu? Tuliskan di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *