Apa Itu Plot Twist?

Pasti adakalanya kalian menonton film yang memiliki akhir atau ending ‘tak biasa’, ending yang menjadi ciri khas film itu. Hal seperti itu membuat film jadi punya kesan yang mendalam buat para penontonnya. Selain ending yang bahagia dan membuat sesak dada, ada juga ending yang sedih yang bikin penonton terkuras air matanya dan ada pula ending film yang seperti menggantung, dan bikin penonton bertanya-tanya. Tapi ada juga tipe film dengan ending yang nggak masuk kategori barusan, Apa Itu Plot Twist?

Twisted Plot

Ending sebuah film yang ternyata bertolak belakang dengan apa yang sebagian besar penonton pikirkan sepanjang film. Misalnya; sejak awal film penontoh disuguhkan cerita kalau si tokoh A adalah pencuri dan tokoh B adalah korban, dan penonton ‘terdoktrin’ kalau si A memanglah si pencuri tapi mendadak di akhir film terkuaklah kalau si A bukanlah pencuri melainkan korban dan si B sebaliknya.

Apa itu Plot Twist? Sebuah twist plot adalah teknik sastra yang menggunakan perubahan radikal dalam jalan cerita atau hasil yang diharapkan dari plot dalam sebuah karya fiksi. Biasanya hal itu terjadi saat mendekati akhir cerita, hal itu lalu kita kenal sebagai twist atau akhir yang mengejutkan.

Baca Juga : Review Captain Marvel


Beberapa film Horor dan Thriller terkenal seringkali menggunakan plot Twist di ending-nya, berikut beberapa diantaranya:


The Sixth Sense (1999) Film yang disutradai oleh M. Night Shyamalan ini bakal bikin kamu merinding dari awal film. Bukan karena genre psychological horror yang diusung The Sixth Sense, melainkan karena jump scare dan ending film yang bakal buat kamu merasa ditipu sepanjang film.

Apa Itu Plot Twist?


Primal Fear (1996) Salah satu film dengan genre crime-mystery terbaik dengan beberapa bintang ternama di dalamnya, seperti Richard Gere, Laura Linney, dan Edward Norton. Film ini menjadi debut pertama Edward Norton di kancah Holywood sebelum dirinya dikenal di film-film setelahnya, American History X (1998) dan Fight Club (1999).Film ini bercerita tentang anak Altar (Edward Norton) yang dituduh membunuh seorang pastur. Seorang pengacara hebat (Richard Gere) datang untuk menyelamatkan anak tersebut dengan mengambil kasus ini. Tidak hanya satu, namun 2 plot twist yang disajikan dalam film ini.


The Mist (2007) Sebuah badai misterius tiba-tiba melanda sebuah kota kecil. Badai ini meyelimuti kota dengan kabut tebal dan memaksa sebagian penduduknya untuk berlindung dan bertahan hidup di sebuah supermarket dari serangan makhluk-makhluk ganas yang keluar bersamaan dengan kabut aneh tersebut.The Mist diangkat dari novel Stephen King dengan judul yang sama. Sepanjang film kamu akan merasakan ketegangan yang dialami oleh penduduk yang terjebak di dalam supermarket. Sebuah twist gila disiapkan di akhir cerita dan akan membuat kamu melongo setelah nonton film ini.


The Prestige (2006) Kalian pasti tahu kan siapa Christopher Nolan. Seorang jenius dibalik film-film bergenre mystery atau sci-fi yang selalu menyisipkan twist di setiap ending filmnya. Nah, The Prestige adalah salah satu karyanya loh! walau tidak setenar The Dark Knight atau Inception, film ini patut diakui sebagai film dengan twist terbaik.Film yang berlatar London di awal abad ke-20 ini menceritakan tentang kehidupan dua orang pesulap, Robert Angier (Hugh Jackman) dan Alfred Borden (Christian Bale) yang menjadi anak didik John Cutter (Michael Caine). Kedua pesulap ini berhubungan baik, namun semua berubah saat Alfred secara tidak sengaja membuat kesalahan di sebuah pertunjukan yang berujung pada kematian istri Robert. Sejak saat itu, mereka berdua bersaing dan mencoba membunuh satu sama lain dengan trik sulap yang bakal buat kamu berdecak kagum!Film ini dibintangi pula oleh Scarlett Johannson, Rebecca Hall, Andy Serkis, dan David Bowie. Lewat film berdurasi 130 menit ini kamu akan dihibur dengan trik-trik sulap dari kedua pesulap dan tentunya, plot twist yang disiapkan di akhir film.


The Others (2001) The others mengisahkan tentang sebuah keluarga yang tinggal di sebuah daerah jersey. Sebuah daerah yang dekat dengan daerah perbatasan prancis. Keluarga itu terdiri dari grace dan kedua anaknya. Sedangkan suami sekaligus kepala keluarga diceritakan telah meninggal dunia. Hidup sebagai seorang single parent ternyata tidak mudah untuk dijalani oleh grace. Meskipun ia juga dibantu oleh ketiga pembantunya namun ternyata hal tersebut tidak membantu banyak hal. Lebih banyak tugas yang harus diselesaikan oleh grace seorang diri. Terutama tentang kebutuhan dua putrinya yang memiliki sifat masing-masing tersebut.

5354 kali dilihat
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail