Apa Itu Plot Twist?

Apa itu Plot Twist? – Pasti adakalanya kalian menonton film yang memiliki akhir atau ending ‘tak biasa’, ending yang menjadi ciri khas film itu. Hal seperti itu membuat film jadi punya kesan yang mendalam buat para penontonnya. Selain ending yang bahagia dan membuat sesak dada, ada juga ending yang sedih yang bikin penonton terkuras air matanya dan ada pula ending film yang seperti menggantung, dan bikin penonton bertanya-tanya. Tapi ada juga tipe film dengan ending yang nggak masuk kategori barusan, Apa Itu Plot Twist?

Twisted Plot

Ending sebuah film yang ternyata bertolak belakang dengan apa yang sebagian besar penonton pikirkan sepanjang film. Misalnya; sejak awal film penontoh disuguhkan cerita kalau si tokoh A adalah pencuri dan tokoh B adalah korban, dan penonton ‘terdoktrin’ kalau si A memanglah si pencuri tapi mendadak di akhir film terkuaklah kalau si A bukanlah pencuri melainkan korban dan si B sebaliknya.

Apa itu Plot Twist? Sebuah twist plot adalah teknik sastra yang menggunakan perubahan radikal dalam jalan cerita atau hasil yang diharapkan dari plot dalam sebuah karya fiksi. Biasanya hal itu terjadi saat mendekati akhir cerita, hal itu lalu kita kenal sebagai twist atau akhir yang mengejutkan.

Baca Juga : Review Captain Marvel

Beberapa film terkenal seringkali menggunakan plot Twist di ending-nya, berikut beberapa diantaranya: [update per Maret 2020]

Parasite (2019)

Parasite bercerita tentang kisah keluarga yang hidup di bawah jurang kemiskinan, keluarga ini terdiri dari seorang ayah bernama Ki-taek (Song Kang-ho), istrinya bernama Chung Sook (Jang Hye-jin), anak laki-laki bernama Ki-woo (Choi Woo-shik) dan anak perempuannya bernama Ki-jung (Park So-dam).

Suatu hari, Ki-woo mendapatkan pekerjaan sebagai guru les privat bahasa Inggris untuk anak perempuan dari keluarga Park yang kaya raya. Sejak Ki-jung masuk ke dalam rumah super mewah itu, serangkaian kejadian mengejutkan pun dimulai.

Baca review lengkap film Parasite disini!

Us (2019)

Dikisahkan si tokoh utama bernama Adelaide yang diperankan Lupita Nyong’o. Adelaide memiliki trauma masa kecil, yang hingga dia beranjak dewasa belum juga hilang. Lalu trauma tersebut kembali menghantui saat Adelaide bersama keluarga-nya kembali ke tempat di mana hal itu terjadi beberapa dekade yang lalu.

Meskipun suaminya, Gabe (diperankan oleh Winston Duke) memastikan kalau semuanya akan baik-baik saja, tetapi mereka tidak menduga kalau sekelompok doppelgangers berpakaian merah akan menyerang rumah mereka dengan cara yang mengerikan dan sangat tak terduga.

Notes pengertian doppelganger : Dari pengertian masyarakat umum, doppelganger adalah kata yang berasal dari bahasa Jerman, yaitu doppel (ganda) dan Gaenger (perjalanan). Dan jika digabungkan, maka memiliki pengertian sebuah pantulan dari seseorang yang terlihat nyata dan identik, dan muncul dalam waktu yang bersamaan

Kalian bisa membaca review lengkap film Us disini!

The Sixth Sense (1999)

Film yang disutradai oleh M. Night Shyamalan ini bakal bikin kamu merinding dari awal film. Bukan karena genre psychological horror yang diusung The Sixth Sense, melainkan karena jump scare dan ending film yang bakal buat kamu merasa ditipu sepanjang film.

Apa Itu Plot Twist?

Primal Fear (1996)

Salah satu film dengan genre crime-mystery terbaik dengan beberapa bintang ternama di dalamnya, seperti Richard Gere, Laura Linney, dan Edward Norton. Film ini menjadi debut pertama Edward Norton di kancah Holywood sebelum dirinya dikenal di film-film setelahnya, American History X (1998) dan Fight Club (1999).Film ini bercerita tentang anak Altar (Edward Norton) yang dituduh membunuh seorang pastur. Seorang pengacara hebat (Richard Gere) datang untuk menyelamatkan anak tersebut dengan mengambil kasus ini. Tidak hanya satu, namun 2 plot twist yang disajikan dalam film ini.

The Mist (2007)

Sebuah badai misterius tiba-tiba melanda sebuah kota kecil. Badai ini meyelimuti kota dengan kabut tebal dan memaksa sebagian penduduknya untuk berlindung dan bertahan hidup di sebuah supermarket dari serangan makhluk-makhluk ganas yang keluar bersamaan dengan kabut aneh tersebut.The Mist diangkat dari novel Stephen King dengan judul yang sama. Sepanjang film kamu akan merasakan ketegangan yang dialami oleh penduduk yang terjebak di dalam supermarket. Sebuah twist gila disiapkan di akhir cerita dan akan membuat kamu melongo setelah nonton film ini.

The Prestige (2006)

Kalian pasti tahu kan siapa Christopher Nolan. Seorang jenius dibalik film-film bergenre mystery atau sci-fi yang selalu menyisipkan twist di setiap ending filmnya. Nah, The Prestige adalah salah satu karyanya loh! walau tidak setenar The Dark Knight atau Inception, film ini patut diakui sebagai film dengan twist terbaik.Film yang berlatar London di awal abad ke-20 ini menceritakan tentang kehidupan dua orang pesulap, Robert Angier (Hugh Jackman) dan Alfred Borden (Christian Bale) yang menjadi anak didik John Cutter (Michael Caine). Kedua pesulap ini berhubungan baik, namun semua berubah saat Alfred secara tidak sengaja membuat kesalahan di sebuah pertunjukan yang berujung pada kematian istri Robert. Sejak saat itu, mereka berdua bersaing dan mencoba membunuh satu sama lain dengan trik sulap yang bakal buat kamu berdecak kagum!Film ini dibintangi pula oleh Scarlett Johannson, Rebecca Hall, Andy Serkis, dan David Bowie. Lewat film berdurasi 130 menit ini kamu akan dihibur dengan trik-trik sulap dari kedua pesulap dan tentunya, plot twist yang disiapkan di akhir film.

The Others (2001)

The others mengisahkan tentang sebuah keluarga yang tinggal di sebuah daerah jersey. Sebuah daerah yang dekat dengan daerah perbatasan prancis. Keluarga itu terdiri dari grace dan kedua anaknya. Sedangkan suami sekaligus kepala keluarga diceritakan telah meninggal dunia. Hidup sebagai seorang single parent ternyata tidak mudah untuk dijalani oleh grace. Meskipun ia juga dibantu oleh ketiga pembantunya namun ternyata hal tersebut tidak membantu banyak hal. Lebih banyak tugas yang harus diselesaikan oleh grace seorang diri. Terutama tentang kebutuhan dua putrinya yang memiliki sifat masing-masing tersebut.

Coco (2017)

Coco bercerita tentang seorang anak kecil bernama Miguel (diisi suaranya oleh Anthony Gonzalez) . Miguel hidup dikeluarga pengusaha sepatu yang sangat membenci musik, keluarga besar Miguel membenci musik karena kakek buyut-nya (yang musisi) pergi meninggalkan keluarganya karena ingin bermusik.

Terlepas dari larangan tersebut, Miguel malah mengidolakan Ernesto de la Cruz (Benjamin Bratt), seorang legenda musik dan juga idola-nya. Untuk membuktikan tekad didepan keluarganya Miguel berniat untuk mendaftar di acara festival musik menjelang Day of the Dead (Hari Kematian adat Meksiko). Hal ini jelas ditentang mati-matian oleh keluarganya. Putus asa, Miguel lalu kabur hingga akhirnya dia terjebak di dunia orang mati.

Di dunia orang mati, Miguel bertemu dengan nenek buyut dan keluarga lainnya (yang sudah mati tentunya). Untuk bisa kembali dan melanjutkan mimpinya menjadi musisi, hanya Ernesto de la Cruz yang bisa membantunya.

Baca review lengkap film Coco disini

Gone Girl (2014)

Film denganplot twist terbaik ini berkisah tentang pasangan Amy (diperankan Rosamund Pike) dan Nick (diperankan Ben Affleck) yang terlihat sebenarnya baik-baik saja dalam hubungan mereka. Namun, ternyata Nick punya niat yang tidak baik untuk Amy.

Sayangnya Amy menghilang dan Nick harus berhadapan dengan polisi yang menuduhnya sebagai pembunuh isterinya. Hanya saja Nick merasa dijebak. Lalu siapa sebenarnya yang berniat jahat?

Apakah Nick yang sedang selingkuh? Atau Amy yang penuh misteri? Film plot twist terbaik yang sulit untuk ditebak, meskipun ketika berada di tengah jalan cerita dan kamu sudah yakin dengan akhir dari kisah Nick dan Amy.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *