11 Fakta Tentang Film Home Alone, Nomor 8 Bikin Kaget!

Mungkin awalnya sang produser dan Sutradara film Home Alone tidak akan menyangka jika film yang dibuatnya bakal setenar sekarang. Sampai saat ini, Home Alone sudah dibuat sekuelnya hingga edisi ke 5; Home Alone 5; Holiday Heist. Tentu saja difilm terakhirnya tersebut, pemeran utamanya sudah bukan si imut Macaulay Culkin (yang sudah tak imut lagi).

Di Indonesia sendiri, film Home Alone hampir (pasti) selalu diputar ulang saat liburan sekolah, khususnya menjelang atau saat Natal tiba. Sepertinya film ini sudah menjadi budaya yang tak terpisahkan dari Natal dan Liburan anak sekolah di Indonesia. Menemani film Warkop DKI, yang entah sudah berapa ratus kali diputar ulang di TV swasta. Namun, tak sekalipun ada orang yang berteriak ‘bosan’.

Tapi, tahukan kalian jika ada beberapa fakta menarik yang mungkin kita belum tahu tentang film Home Alone. Berikut, saya coba rangkum fakta-fakta tersebut.

Baca juga : 4 Film Pemenang Oscar Paling Kontroversial

Home Alone adalah Film Resmi Hari Natal Di Polandia.

Hampir sama seperti di Indonesia, TV swasta di Polandia beramai-ramai memutarkan film Home Alone di setiap Natal dan liburan sekolah. Beda-nya di Polandia, hal ini dijadikan sesuatu yang wajib dan resmi. Mirip seperti film G30S/PKI yang dulu selalu diputar oleh semua stasiun TV Indonesia dengan instruksi dari pemerintah orde baru. Hampir seluruh rakyat Polandia menikmati tontonan (Home Alone) setiap tahunnya.

Home Alone nggak pernah merencanakan untuk membuat sekuel.

Seperti yang sudah saya tulis diawal, mungkin awalnya si produser dan sutradara-nya tak bakal mengira film pertamanya sukses. Tanpa banyak promosi pun, film Home Alone pertama, meraih sukses besar. Sehingga melahirkan 5 sekuel film, 3 seri video games, dua game jenis board, sebuah novel dan banyak franchise mainan lainnya.

Joe Pesci punya tips khusus biar si Culkin Takut.

Fakta Film Home Alone

Joe Pesci yang beperan sebagai penjahat bernama Harry Lime, punya trik khusus untuk membuat Culkin beneran takut sama dia. Dalam Home Alone pertama, ada adegan dimana Culkin digantung didapur kemudian Harry berkata begini : “I’m gonna bite all of you fingers of, at one time..” nah sebelum adegan itu, saat sedang latihan, si Joe Pesci bener-bener menggigit tangan Culkin hingga berbekas.

Home Alone memegang rekor Guninnes Record.

Mendapat 17 juta dollar hanya seminggu setelah pemutaran perdananya. Dan menduduki peringkat pertama film dengan keuntungan terbesar selama 12 minggu berturut-turut. Ditambah predikat sebagai film paling ‘untung’ ditahun 1990. Home Alone mendapat predikat rekor Guinnes sebagai film komedi paling laris sepanjang masa.

Semua adegan sebenernya diambil di Chicago.

Pasti kalian pernah melihat adegan di Bandara Paris? Itu sebenernya adalah Bandara Internasional O’Hare di Chicago. Adegan dalam kelas satu disebuah kabin pesawat? itu sebenernya adalah sebuah lapangan basket yang didekorasi sedemikian rupa. Dan kalian juga pasti ingat, dengan adegan basement yang banjir? itu sebenarnya adalah sebuah kolam renang sekolah SMU yang sama dengan lokasi lapangan basket tempat pengambilan gambar kabin pesawat.

Rumah McCallister Jadi tujuan Wisata.

Fakta Film Home Alone

Rumah yang terletak di 671 Lincoln St, Winnetka, Illinois. Tempat dimana hampir semua adegan diambil saat ini menjadi tempat wisata dan tujuan wisata para turis-turis asing. Pada tahun 2012 rumah ini sempat bepindah tangan dengan nilai mencapai 1.000 dollar AS.

Harry dan Marv sempat masuk RS saat syuting.

Saat adegan dimana Harry terbakar kepalanya, dia bener-bener mengalami cedera; luka bakar serius sehingga harus dibawa kerumah sakit. Begitu pula dengan adegan Marv saat tertimpa setrikaan, hidung dan tulang tengkoraknya bener-bener patah. Hal ini tentu saja membuat proses syuting harus dihentikan selama beberapa minggu.

Marv menginjak permen atau kaca.

Ada adegan saat Marv masuk rumah melalui jendela kemudian menginjak pecahan hiasan yang terbuat dari kaca. Sebenarnya hiasan tersebut tidak betul-betul terbuat dari kaca, melainkan dari permen.

Tarantula di wajah Marv itu beneran.

Fakta Film Home Alone

Marv sebenernya enggan dengan opsi menggunakan tarantula asli. Namun, akhirnya doi setuju. Dalam pengambilan gambar tersebut, seharusnya Marv berteriak, tapi karena takut suaranya bakal menakuti si Tarantula, si Marv batal berteriak, dia hanya membuka lebar mulutnya. Di film, teriakan yang kita dengar adalah hasil dubbing.

Ide film Home Alone.

Sebenernya ide film Home Alone berasal dari John Hughes (Uncle Buck) yang bercerita tentang pengalamannya ditinggal orang tuanya. Hal itu ia ceritakan saat proses syuting film Uncle Buck, dimana Caulkin juga berperan didalamnya.

Robert deNiro menolak peran Harry.

Sebenarnya Robert deNiro hampir menjadi tokoh penjahat utama:Harry. Namun sayang Robert deNiro menolaknya karena jadwal yang padat. Begitu juga dengan John Lovitz yang sempat menjadi kandidat pemeran Marv, namun hal itu ditolak karena alasan yang sama.

Tulisan ini sempat saya tulis di Kaskus dengan judul : Fakta Fakta Film Home Alone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *