4 Film Bertema Pendidikan Terbaik

Tanggal 2 mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia.

Dunia pendidikan sangat identik dengan sekolah, akademi dan universitas. Namun, ruang lingkup-nya tak hanya sebatas itu saja. Didalam dunia film banyak sineas membuat karya yang berhubungan dengan dunia pendidikan baik formal maupun informal. Berikut icinema rangkum untuk kalian semua, 4 film bertema pendidikan terbaik.

3 Idiots

Film 3 Idiots berkisah tentang persahabatan tiga pemuda yang sama-sama menjadi mahasiswa baru di kampus Teknik bergengsi. Mereka adalah Farhan Qureshi (Madhavan), Raju Rastogi (Sharman Joshi) dan ‘Rancho’ Shamaldas Chanchad (Aamir Khan). Ketiganya mengemban ilmu di universitas yang terkenal sangat disiplin dalam menegakkan sistem pembelajaran dan aturan.

Universitas tersebut memiliki sosok Rektor yang kejam bernama Profesor Viru Sahastrabuddhe (Boman Irani). Tak ada yang bisa mengubah ataupun berani melawan sistem pendidikan kampus yang sudah bertahun-tahun diterapkan dengan tegas dan ketat, sampai Rancho muncul.

Rancho memang mahasiswa yang unik dan kerap melawan sistem yang ada. Ia memang tak setuju dan terkesan menentang pola pengajaran yang sudah diterapkan di kampus Profesor Virus tersebut. Tak heran jika beberapa kali kedapatan beberapa mahasiswa bunuh diri, salah satunya bernama Joy Lobo (Ali Fazal) yang tewas gantung diri.

School Of Rock

School of rock merupakan sebuah film komedi yang disutradarai oleh Richard Linklater. Skenarionya ditulis oleh Mike White, dan dibintangi oleh Jack Black.

Baca juga : Review Film Chef (2014)

Film ini berkisah tentang seorang musisi rock, Dewey Finn. Finn sempat di pecat dengan tidak hormta oleh band-nya. Tak habis akal, demi mendapatkan uang, dia lalu menyamar sebagai guru pengganti di sebuah sekolah elit.

Bukannya mengajar, di sekolah itu, Finn malah untuk menguji bakat musik dari murid-muridnya. Setelah itu, dia pun membentuk sebuah band yang anggotanya berisi murid-murid dari kelasnya. Finn dan Band barunya tersebut lalu mencoba peruntungan dengan mengikuti kompetisi untuk melunasi semua tunggakannya.

Selain Jack Black, film ini juga turut dibintangi oleh Joan Cusack, Mike White, Sarah Silverman. Miranda Cosgrove, Joey Gaydos jr. , Kevin Clark, Rebecca Brown, Robert tsai, Maryam Hassan, Caitlin Hale dan Aleisha Allen.

Film ini dirilis pada 2003 silam dan sukses mencetak hits dengan menghasilkan $131 juta dari anggaran produksi yang hanya sebesar $35 juta.

Monsieur Lazhar

Setelah seorang guru wanita meninggal karena gantung diri dikelas, semua murid sekolah dasar di Montreal kedatangan seorang guru pengganti asal Aljazair bernama Bachir Lazhar. Awalnya begitu sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah, terutama para muridnya.

Namun secara perlahan dirinya mulai menyukai pekerjaannya sebagai seorang guru. Dibalik sosoknya yang bijaksana, sebenarnya dalam dirinya tengah menyembunyikan masalah tentang status kewarganegaraannya. Saat ini Lazhar tengah dalam proses mencari suaka karena kondisi negaranya yang sedang tidak aman. Namun, balik semua itu, ruang kelas menjadi satu hal yang membuatnya melupakan semua masalahnya.

Baca juga : The Intouchables, Film Biopik yang Epik

Film ini diutradarai dan tulis skenarionya oleh Philippe Falardeau. Sosok Bachir Lazhar sendiri di perankan dengan ciamik oleh Mohamed Fellag. Film ini juga sempat masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Foreign Language Film of the Year.

Waiting for Superman

Film dokumenter ini disutradarai oleh Davis Guggenheim. Sutradara yang sempat meraih piala Oscar lewat film dokumenter berjudul An Inconvenient Truth di tahun 2006 lalu.

Dia mencoba membuka mata dunia dengan membuat film dokumenter ini. Para murid, keluarga mereka dan para pengajar adalah sumber materi yang menjadi bahan Davis dalam menyusun kisah tragis berdurasi 102 menit.

Sistem pendidikan Amerika memang sempat membuahkan orang-orang besar nyatanya tak lagi berjalan sebagaimana mestinya. Semboyan bahwa sistem pendidikan Amerika tak akan menjangkau semua anak ternyata hanyalah sebuah semboyan yang tak berwujud. Jutaan anak Amerika ternyata tak cukup beruntung untuk mengenyam pendidikan ini. Bukannya mendorong mereka untuk lebih maju, sistem pendidikan yang berjalan justru malah seolah menghalangi mereka dari kemajuan.

Baca juga : The Dirt, Kisah Urakan Band Motley Crue

Itulah 4 film bertema pendidikan terbaik versi icinema. Bagaimana pendapat kalian? Kamu sudah nonton salah satunya? atau bahkan sudah menonton semuanya?. Yuk Share pengalaman kalian melalui kolom komentar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *