Ini Dia Film Horor Terbaik Tahun 2000-an, Awas Jangan Tonton Sendirian!

Film horor terbaik tahun 2000an – Horor merupakan salah satu genre yang paling diminati oleh para penikmat film dari seluruh dunia. Film horor adalah genre yang sengaja didesain untuk memancing emosi penonton. Berupa ketakutan, panik, dan rasa ngeri. Sedangkan film horor barat pertama berjudul Le Manoir du Diable (1896) yang dibuat oleh Georges Méliès.

Nah, kali ini saya tidak akan membahas terlalu jauh film-film keluaran tahun ‘jebot’. Saya akan mencoba meng-kompilasi film-film horor terbaik tahun 2000-an keatas, berikut daftar-nya:

Don’t Breathe (2016)

Sutradara : Fede Alvarez
Penulis : Fede Alvarez, Rodo Sayagues
Cast : Stephen Lang, Jane Levy, Dylan Minnette

Film Don’t Breathe berkisah tentang 3 orang remaja Rocky (Jane Levy), pacarnya; Money (Daniel Zovatto) dan Alex (Dylan Minnette). Mereka menerobos masuk ke sebuah rumah milik seorang pria tua buta (Stephen Lang) yang tinggal seorang diri. Money mendengar gosip bahwa di rumah tersebuat terdapat sebuah ruang bawah tanah dengan brankas berisi banyak uang.

Sebelum melakukan aksi, Rocky bersama Money dan juga Alex (Dylan Minnette) memantau keadaan sang pria tua buta tersebut. Saat malam tiba, mereka melakukan aksi yang telah direncanakan. Sewaktu mereka akan memasuki ruang bawah tanah, mereka kepergok oleh sang pemilik, pria tua buta tersebut.

Awalnya mereka meremehkan dan menggangap keadaan, namun mereka tidak tahu telah berhadapan dengan seorang veteran perang meskipun dengan kondisi tua dan buta. Money tewas dalam kejadian tersebut dan tersisa Rocky bersama Alex yang terjebak dan mencoba untuk keluar dari rumah tersebut.

Ju-on: The Grudge (2002)

Sutradara : Takashi Shimizu
Penulis : Takashi Shimizu
Cast : Megumi Okina, Misaki Itô, Misa Uehara

Film ini bercerita tentang kutukan yang menimpa sebuah rumah yang pernah ditinggali oleh keluarga Takeo Saeki. Saeki telah membunuh istrinya, Kayako dan Toshio, anak laki-lakinya, dan seekor kucing hitam peliharaan Toshio. Karena dendam, arwah Kayako dan Toshio mengutuk siapapun yang pernah masuk atau tinggal dalam rumah itu. Rangkaian teror kutukan itu sudah berlangsung sangat lama dan menyebabkan semua orang yang pernah berhubungan dengan rumah itu hilang secara misterius. Awal cerita Ju-On dimulai dari sebuah keluarga yang juga tinggal di rumah itu, yaitu keluarga Tokunaga.

Seorang sukarelawan dinas sosial, Rika Nishina (Megumi Okina) diminta oleh Toyama untuk menggantikan tugasnya pergi ke rumah Tokunaga. Rika harus mengurus seorang nenek tua keluarga Tokunaga, bernama Sachie. Setibanya di depan rumah Tokunaga, Rika sudah merasakan ada sesuatu yang menakutkan dari lantai dua rumah itu. Sachie yang sudah sangat tua dan pikun ditemukan dalam kondisi yang sangat memprihatinkan dan tidak terawat di dalam kamarnya seorang diri.

Drag Me to Hell (2009)

Sutradara : Sam Raimi
Penulis : Sam Raimi, Ivan Raimi
Cast : Alison Lohman, Justin Long, Ruth Livier

Sebagai seorang petugas bagian peminjaman di sebuah bank, Christine (Alison Lohman) jelas tak punya banyak pilihan saat seorang wanita tua bernama Mrs. Ganush (Lorna Raver) datang meminta perpanjangan pinjaman. Christine harus segera membuat keputusan meski ia tak tahu konsekuensi dari keputusannya itu.

Bermaksud ingin menyenangkan Mr. Jacks (David Paymer), atasannya, Christine pun lantas menolak permintaan Mrs. Ganush dan memutuskan wanita tua ini harus segera keluar dari rumah yang ditinggalinya saat ini. Christine sebenarnya tak tega tapi ia harus segera membuat keputusan. Sialnya, keputusan yang ia buat justru tak menguntungkan buat dirinya sendiri.

Mrs. Ganush yang merasa putus asa kemudian mengutuk Christine menjadi penghuni neraka selamanya. Christine tak terlalu mengkhawatirkan kutukan wanita tua itu, setidaknya sampai ia mulai dihantui makhluk-makhluk menakutkan yang ternyata memang bermaksud menyeret Christine masuk ke dalam neraka abadi.

Crimson Peak (2015)

Sutradara : Guillermo del Toro
Penulis : Guillermo del Toro, Matthew Robbins
Cast : Mia Wasikowska, Jessica Chastain, Tom Hiddleston

Film Crimson Peak ditayangkan secara perdana di Fantastic Fest pada tanggal 25 September 2015 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 16 Oktober 2015 silam. Film ini juga sempat mendapatkan review positif dari para kritikus.

Sepeninggalan ayahnya, Edith Cushing (Mia Wasikowska) menikah dengan Sir Thomas Sharpe (Tom Hiddleston) dan berkenalan dengan adik iparnya, Lucille (Jessica Chastain). Mereka pindah dari New York ke rumah keluarga Sharpe di Crimson Peak. Edith merasa curiga dengan rumah tersebut dan ia mengingat peringatan dari hantu ibunya untuk berhati-hati dengan rumah tersebut ketika ia masih kecil. Edith mulai merasa ketakutan di rumah tersebut dan semakin lama, ia mulai menyelidiki tentang misteri hantu di rumah tersebut serta latar belakang keluarga Sharpe.

The Others (2001)

Film Horor Terbaik 2000an

Sutradara : Alejandro Amenábar
Penulis : Alejandro Amenábar
Cast : Nicole Kidman, Christopher Eccleston, Fionnula Flanagan

The others mengisahkan tentang sebuah keluarga yang tinggal di sebuah daerah jersey. Sebuah daerah yang dekat dengan daerah perbatasan prancis. Keluarga itu terdiri dari Grace Stewart (Nicole Kidman) dan kedua anaknya. Sedangkan suami sekaligus kepala keluarga diceritakan telah meninggal dunia. Hidup sebagai seorang single parent ternyata tidak mudah untuk dijalani oleh grace. Meskipun ia juga dibantu oleh ketiga pembantunya namun ternyata hal tersebut tidak membantu banyak hal. Lebih banyak tugas yang harus diselesaikan oleh grace seorang diri. Terutama tentang kebutuhan dua putrinya yang memiliki sifat masing-masing tersebut.

Baca juga : 7 Serial Remaja Terbaik yang Tayang di Netflix

A Tale of Two Sisters (2003)

Sutradara : Jee-woon Kim
Penulis : Jee-woon Kim
Cast : Kap-su Kim, Jung-ah Yum, Soo-jung Lim

Soo Mi dan Su Yeon adalah kakak beradik yang baru saja kembali ke rumah mereka setelah diopname di rumah sakit. Mereka harus menerima jika mereka kini memeliki ibu tiri, Ayahnya sudah menikah lagi bahkan sebelum ibu mereka meninggal. Soo Mi sebagai kakak lebih berani untuk melawan sehingga tidak gampang ditindas sedangkan Su Yeon lebih terlihat lemah dan sering disiksa ibu tirinya. Soo Mi berusaha menjadi kakak yang baik dan menjaga Su Yeon dari kekejaman ibu tiri mereka. Mereka tidak bisa mengandalkan ayah karena sikapnya yang seperti kurang peduli.

Begitu mereka mulai hidup di rumah itu. Su Yeon merasa ada yang masuk ke dalam kamarnya sehingga ia berlari dan tidur bersama Soo Mi. Soo Mi juga melihat penampakan hantu wanita yang mulai meneror dalam mimpinya. (Cuman sekali doang sih).

Apa yang sebenarnya pernah terjadi di rumah itu? Apakah Soo Mi bisa selalu menjaga Su Yeon? Dan apa alasan sikap diam dan tak peduli sang ayah jika sesuatu terjadi kepada Su Yeon?

A Quiet Place (2018)

Sutradara : John Krasinski
Penulis : Bryan Woods, Scott Beck
Cast : Emily Blunt, John Krasinski, Millicent Simmonds

Pada tahun 2020, populasi manusia dan binatang menurun drastis setelah kemunculan suatu makhluk asing pemangsa, yang berasal dari sebuah meteor yang jatuh ke bumi. Makhluk itu menyerang segala sesuatu yang mengeluarkan suara. Pendengaran makhluk itu sangat sensitif, kulitnya sangat tebal, dan tidak dapat dihancurkan.

Suara yang sangat kecil pun bisa menjadi sangat mematikan. Sudah dua belas bulan sejak kedatangan makhluk asing itu ke bumi. Namun sebuah keluarga masih mampu bertahan hidup. Mereka hidup dalam sunyi tanpa mengeluarkan suara sedikit pun. Untuk berkomunikasi satu sama lain, mereka menggunakan bahasa isyarat.

Mereka belajar untuk bertahan hidup, yaitu dengan hidup dalam diam, hidup dengan kesunyian. Mereka sudah bertahan dan bisa bersembunyi cukup lama, tapi apakah mereka benar-benar aman? Mampukah mereka terus bertahan dalam diam?

It Follows (2014)

Film Horor Terbaik

Sutradara : David Robert Mitchell
Penulis : David Robert Mitchell
Casts : Maika Monroe, Keir Gilchrist, Olivia Luccardi

Seorang gadis berlari ketakutan keluar dari rumahnya. Dia seperti sedang dikejar oleh sesuatu/seseorang, tapi kita tidak pernah melihat sosok tersebut. Keesokan paginya, sang gadis telah tewas di pantai dalam kondisi mengenaskan. Adegan pembuka itu mengesankan bahwa “it” dalam judul film adalah sosok misterius yang tidak akan nampak dan diketahui sosoknya.

Narasi lalu berpindah, berfokus pada gadis lain bernama Jay (Maika Monroe) yang hendak berkencan dengan pria bernama Hugh (Jake Weary). Pada awalnya kencan terlihat lancar dimana keduanya saling berinteraksi dengan nyaman. Namun situasi berubah sedikit aneh saat Hugh melihat seorang wanita berbaju kuning sedangkan Jay tidak. Pada kencan berikutnya, Hugh membius Jay sesaat setelah keduanya berhubungan seks.

Di sebuah bangunan kosong, Hugh bercerita bahwa alasannya melakukan itu adalah untuk memindahkan teror yang ia alami. Sebuah teror yang hanya bisa dipindahkan (ditularkan) lewat hubungan seks dan sang korban akan terus diikuti secara perlahan oleh sosok misterius sebelum akhirnya dibunuh olehnya.

Us (2019)

Sutradara : Jordan Peele
Penulis : Jordan Peele
Casts : Lupita Nyong’o, Winston Duke, Elisabeth Moss

Dikisahkan si tokoh utama bernama Adelaide yang diperankan Lupita Nyong’o. Adelaide memiliki trauma masa kecil, yang hingga dia beranjak dewasa belum juga hilang. Lalu trauma tersebut kembali menghantui saat Adelaide bersama keluarga-nya kembali ke tempat di mana hal itu terjadi beberapa dekade yang lalu.

Meskipun suaminya, Gabe (diperankan oleh Winston Duke) memastikan kalau semuanya akan baik-baik saja, tetapi mereka tidak menduga kalau sekelompok doppelgangers berpakaian merah akan menyerang rumah mereka dengan cara yang mengerikan dan sangat tak terduga.

Notes pengertian doppelganger : Dari pengertian masyarakat umum, doppelganger adalah kata yang berasal dari bahasa Jerman, yaitu doppel (ganda) dan Gaenger (perjalanan). Dan jika digabungkan, maka memiliki pengertian sebuah pantulan dari seseorang yang terlihat nyata dan identik, dan muncul dalam waktu yang bersamaan.

The Conjuring (2013)

Sutradara : James Wan
Penulis : Chad Hayes, Carey W. Hayes
Casts : Patrick Wilson, Vera Farmiga, Ron Livingston

The Conjuring bercerita tentang Ed Warren (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) sepasang suami istri yang berprofesi sebagai paranormal terkenal berjuluk The Warrens.Suatu ketika,mereka berdua di datangi oleh sebuah keluarga yang meminta bantuan karena rumah yang mereka tempati,ada ‘sosok’ lain yang menghuninya.

Mereka memutuskan untuk melakukan penyelidikan di rumah keluarga tersebut yang berada di pedesaan Rhode Island.Pasangan ‘Pemburu Hantu’ kali ini harus menangani salah satu kasus tersulit sepanjang karir mereka sebagai pengusir hantu.

Rumah tersebut saat ini di tempati oleh pasangan Ron Livington dan Lili Taylor bersama anak mereka yang mulai merasakan kejanggalan sejak menempati rumah itu.

The Babadook (2014)

Sutradara : Jennifer Kent
Penulis : Jennifer Kent
Casts : Essie Davis, Noah Wiseman, Daniel Henshall

Kata siapa dongeng anak-anak khas eropa nggak bisa dibikin film horor? Jennifer Kent berhasil mentransformasi monster kolong kasur dan lemari pakaian menjadi film horor yang oke punya. Tanpa banyak bumbu-bumbu lebay.

Premis-nya dibuat dengan standar tanpa banyak basa-basi. Didasarkan pada ketakutan hampir setiap anak-anak didunia akan ada mahluk-mahluk di kolong kasur atau di dalam lemari pakaian kamar mereka.

Amelia, seorang single parent yang ditinggal mati suaminya saat dia melahirkan anak pertama mereka, Samuel. Anak yang dimasa cerita dimulai sudah beranjak dewasa itu menemukan sebuah buku dongeng yang isi ceritanya begitu menyeramkan; The Babadook.

Berawal dari buku itu, Samuel mulai melihat penampakan-penampakan mahluk yang berusaha menghantui rumah, ibu bahkan anjing-nya. Samuel berusaha mengusir mahluk itu sendiri, namun tindakan-tindakannya dirasa aneh oleh ibunya. Sampai akhirnya Amelia akhirnya sadar apa yang selama ini membuat anaknya bertingkah aneh, karena dia pun merasakan sendiri kehadiran mahluk tersebut; The Babadook.

Let the Right One In (2008)

Sutradara : Tomas Alfredson
Penulis : John Ajvide Lindqvist, John Ajvide Lindqvist (novel)
Cast : Kåre Hedebrant, Lina Leandersson, Per Ragnar

Film ini diawali dengan pengenalan tokoh bocah lelaki umur 12 tahun bernama Oskar yang sering ditekan dan dikerjai oleh teman-teman sekelas tanpa ada keberanian untuk melawan. Suatu malam Oskar yang tinggal bersama ibunya kedatangan tetangga baru yang pindah ke apartemen kosong disebelah tempat tinggal mereka.

Tetangga mereka yang bernama Hakan itu membawa seorang anak perempuan sebaya dengan Oskar bernama Eli. Bergaul dengan Eli membuat Oskar berubah menjadi lebih percaya diri termasuk berani melawan teman sekelasnya yang mencoba untuk mengerjainya lagi. Bagi Oskar hidup terasa lebih menyenangkan dengan adanya Eli, hingga pada suatu saat Oskar mendapatkan bahwa Eli bukanlah manusia biasa seperti dirinya.

Get Out (2017)

Sutradara : Jordan Peele
Penulis : Jordan Peele
Casts : Daniel Kaluuya, Allison Williams, Bradley Whitford

Cerita berawal saat seorang fotografer berkulit hitam bernama Chris Washington (Daniel Kaluuya) terpaksa menyetujui keinginan kekasihnya yang berkulit putih, Rose Armitage (Allison Williams) untuk bertemu orang tua kekasih meski Chris tidak yakin mereka tidak menyambutnya dengan hangat.

Semenjak itu kejadian-kejadian aneh sering terjadi pada Chris. Termasuk saat Chris ada di acara tahunan keluarga calon mertuanya. Banyak pasangan tua yang berkulit putih memandang aneh Chris dan membuat komentar yang tidak nyaman.

Tak hanya itu, ia juga bertemu dengan Logan, seorang pria kulit hitam. Diam-diam Chris memotret Logan dan sorotan lampu ponselnya menyebabkan Logan mimisan, menjadi histeris dan berteriak “Get Out (keluar)” saat menyerang Chris. Belum lagi suatu hari Chris juga menemukan ayah Rose mengadakan pelelangan misterius di tempat lain dengan foto Chris terpajang di sana.

19 kali dilihat
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail