7 Film Indonesia Terbaik yang Mengangkat Tema Religi

Ketika bulan Ramadan, biasanya layar bioskop akan dipenuhi oleh banyak film bertema religi. Tak hanya semata mencari keuntungan, film bertema religi dapat dijadikan sarana belajar agama yang dapat menambah keimanan dan ketakwaan. Nah , berikut ini adalah 7 film Indonesia terbaik yang mengangkat tema religi!

1. Mencari Hilal (2015)

Hal yang menarik dari film Mencari Hilal karya sineas Ismail Basbeth adalah temanya yang membahas mengenai isu sosial yang banyak terjadi di masyarakat saat ini. Salah satunya yaitu tentang perbedaan pola pikir antara orang tua dan anak mengenai pandangan mereka terhadap agama Islam.

Sang ayah yang diperankan oleh aktor senior Deddy Sutomo dikisahkan sangat taat agama dan sedikit “kolot” dan si anak yang diperankan oleh Oka Antara punya watak keras kepala dan “gaul”.

Perbedaan karakter keduanya yang dikisahkan dalam film tak hanya menarik tapi juga dapat membuka mata kamu mengenai sisi lain dari agama Islam jika dipandang dari kacamata yang berbeda.

2. Hijab (2015)

Film Hijab karya sutradara Hanung Bramantyo ini bercerita tentang 4 sahabat yang diperankan oleh Zaskian Adya Mecca, Carissa Putri, Tika Bravani dan Natasha Rizki. Awalnya mereka memiliki cita-cita untuk berbisnis di dunia fashion muslim.

Konflik terjadi saat para suami mengetahui bisnis yang digeluti oleh para istri tanpa sepengetahuan mereka. Di film ini, kamu akan belajar mengenai persahabatan, keluarga, pandangan masyarakat terhadap wanita berhijab dan pemahaman nilai-nilai agama Islam mengenai seorang istri dan cara berbisnis.

Baca Juga: https://icinema.id/5-film-dokumenter-indonesia-yang-wajib-kamu-tonton/

3. Sang Kiai (2013)

Film produksi Rapi Films ini bercerita tentang sosok K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, dan para santrinya dalam menghadapi pasukan Jepang dan sekutu.  Di film besutan sutradara Rako Prijanto ini, kamu tidak hanya dapat menambah pengetahuan di bidang agama tapi juga sejarah para pejuang Indonesia.

4. Negeri 5 Menara (2012)

Film yang disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman dibanjiri banyak aktor kenamaan seperti Ikang Fawzi, Lulu Tobing, Donny Alamsyah, Aryo Wahab, dan masih banyak lagi. Film ini menceritakan tentang kehidupan 6 santri yang berasal dari daerah yang berbeda dan memiliki cita-cita yang berbeda juga.

Mereka sering berkumpul di menara masjid pondok pesantren dan menamakan diri mereka sebagai pemilik menara. Di menara itu, mereka saling membagikan keinginan mereka menguasai dunia dengan cara mereka masing-masing. Bagi yang menyukai film bertema religi berbalut komedi, Negeri 5 Menara ideal buat ditonton!

5. Sang Pencerah (2010)

Kamu pernah mendengar tentang pahlawan nasional bernama K.H. Ahmad Dahlan? Sosok pejuang yang ikut terlibat dalam pergerakan nasional ini merupakan pendiri dari organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah.

Sosok K.H. Ahmad Dahlan ini diperankan oleh aktor ternama Lukman Sardi. Film ini akan mengajarkan kita mengenai arti dari kesabaran dan ketaatan yang sesungguhnya.

6. 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta (2010)

Film karya Benni Setiawan ini bercerita mengenai kisah cinta antara 3 insan manusia dan perbedaan agama di antara mereka. Dibintangi oleh aktor dan aktris populer Reza Rahardian, Laura Basuki dan Arumi Bachsin, film ini juga masuk menjadi nominasi di banyak acara penghargaan bergengsi.

Film ini bercerita mengenai hal-hal yang sering terjadi di masyarakat. Seperti hubungan cinta beda agama yang di tentang sampai ke perbedaan nilai-nilai agama yang sering menjadi konflik di masyarakat. Dari film ini Anda bisa belajar mengenai dualisme antara 2 agama (Islam dan Kristen) dan toleransi terhadap perbedaan agama yang ada.

7. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Film yang juga disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini menggambarkan tentang perjuangan seorang wanita melawan nilai-nilai adat di daerah tempat tinggalnya yang dianggap terlalu mendiskriminasi wanita. Film Perempuan Berkalung Sorban ini mengandung banyak konflik sosial seperti pemaksaan kehendak sampai kekerasan dalam rumah tangga.

Film ini sempat menuai kontroversi karena alur ceritanya yang mengandung kekerasan dan bagaimana penyampaian nilai-nilai sosial dan budaya di dalamnya dianggap sebagai pemicu orang-orang Islam untuk murtad. Namun dibalik semua itu, banyak sekali ilmu yang bisa kita petik seperti pandangan agama dan masyarakat terhadap perempuan Islam.

Itulah 7 film Indonesia terbaik yang mengangkat tema religi. Yang mana kira-film religi favoritmu? Tuliskan di kolom komentar ya!



One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *