Iqro – My Universe, Antara Ilmu Pengetahuan dan Alquran

Trailer Film Iqro My Universe

2017 lalu Yayasan Pembina Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB). Bersama Salman Film Academy berhasil merilis film Iqro – Petualangan Meraih Bintang. Kali ini, mereka akan merilis sekuel-nya yang berjudul: Iqro – My Universe.

Sinopsis Film Iqro – My Universe

Aqilla memiliki cita-cita untuk menjadi Astronot, Opanya yang seorang Astronom adalah orang yang sangat dia kagumi. Aqilla banyak belajar dan bertanya pada Opa, yang saat ini menjabat di Planetarium Jakarta. Hampir setiap hari Aqilla mendatangi Opa di Planetarium untuk berbincang dan ‘curhat’. Tentang Mamanya baru melahirkan seorang adik untuk Aqilla sehingga waktu Mama dan Papa banyak tersita untuk mengurus adiknya.

Hobi Aqilla dalam hal angkasa luar membuatnya bersaing dengan June. Teman sekolahnya, seorang murid pindahan dari Inggris yang juga memiliki minat yang sama. Sampai akhirnya mereka berkompetisi untuk membuat Vlog tentang orang-orang yang berjasa/berkecimpung di dunia ilmu pengetahuan. Khususnya angkasa luar dengan hadiah berkunjung ke Pusat Pelatihan Astronot.

Tentu saya Aqilla langsung terpikir untuk mengangkat Opa yang dikaguminya dalam Vlog yang akan dia ajukan untuk kompetisi. Namun tanpa sepengetahuan Aqilla, Opa telah memutuskan untuk menerima permintaan ke Inggris untuk membantu sebuah penelitian di sana. Seluruh keluarga sengaja merahasiakan ke Aqilla karena tahu Aqilla pasti tidak bisa menerima kepergian Opa. Begitu kecewanya Aqilla ketika tahu Opa memilih berangkat ke Inggris tanpa sepengetahuannya.

Ramadhan pun datang…

Opa harus menghadapi puasa di Inggris yang cukup berat karena panjangnya waktu puasa. Oma belum bisa berangkat menemaninya, sehingga Opa harus menyiapkan makanan sahur dan berbuka sendiri. Dalam udara dingin namun tetap menjalankan Ibadah dengan sebaik-baiknya. Ketika sebuah isu tentang sampah antariksa muncul dan Indonesia membutuhkannya kembali ke negaranya. Opa harus membuat sebuah keputusan yang terbaik untuk diri, keluarga dan negaranya.

Baca juga : Review Film Kuntilanak 2: Balutan Drama yang Membuatnya Sedikit Lebih Baik dari Film Pertamanya

Kak Raudhah, guru mengaji Aqilla yang sudah tinggal di Jakarta memberikan sebuah buku kepada Aqilla tentang Ibu Tsurayya. Yang merupakan seorang Astronot Indonesia yang sedang melakukan penelitian tanaman untuk dikirim ke ruang angkasa. Aqilla langsung tertarik dengan Ibu Tsurayya dan berusaha keras untuk bertemu dengannya. Sekaligus memintanya untuk menjadi bagian dari Vlog yang akan diikutsertakan dalam kompetisi. Awalnya Bu Tsurayya menolak tapi karena kegigihan Aqilla, dia pun bersedia.

Fauzi teman Aqilla di Lembang sedang berupaya untuk bisa mendapatkan beasiswa di sebuah Pesantren di Jakarta. Sementara ayah Fauzi, Bang Codet yang berusaha mencari kerja di Jakarta malah terseret dalam sebuah rencana pencurian.

Bagaimanakah Aqilla, Opa, Fauzi dan Bang Codet menghadapi situasi bimbang yang mengharuskan mereka untuk memilih jalan yang harus ditempuh? Apakah Aqilla berhasil memenangkan kompetisi dan berangkat ke Inggis? Pada akhirnya mereka harus mengikuti hati nurani mereka. Dalam menjawab: apakah keputusan yang diambil adalah yang terbaik bagi diri sendiri dan orang lain?

Masih diperankan aktor dari film sebelumnya

Film Iqro – My Universe disutradarai oleh Iqbal Alfajri, sementara naskahnya ditulis oleh Aisyah Amirah Nasution. Untuk pemeran utamanya kembali diisi oleh nominator pemeran terbaik anak-anak di FFI 2018: Aisha Nurra Datau yang berperan sebagai Aqilla. Selain Aisha, ada pula Cok Simbara sebagai Opa Wibowo dan Raihan Khan Sebagai Fauzi.

Iqro – My Universe diproduksi atas kerjasama YPM Salman ITB, Salman Film Academy bersama dengan Bumi Prasidi dan MAV. Film ini dijadwalkan akan tayang 11 Juli mendatang di bioskop-bioskop seluruh Indonesia.

Sumber sinopsis : Official site film Iqro

Film Iqro My Universe
Poster Film Iqro My Universe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *