6 Film Pandemic Terbaik yang Perlu Kamu Tonton Sekarang!

Film Pandemic Terbaik – Awal tahun 2020 dunia dikejutkan dengan hadirnya varian virus baru yang diberi nama Corona (Covid-19). Virus yang ‘ditemukan’ di Wuhan, Tiongkok tersebut saat ini sudah menginfeksi lebih dari 400 ribu orang dari seluruh Dunia. Indonesia pun ikut terkena imbasnya, sampai saat tulisan ini dibuat sudah lebih dari 1.000 kasus Corona terdeteksi di Indonesia. Dengan detail 800-an orang terinfeksi, 78 orang meninggal dan 35 orang dinyatakan sembuh total.

Pertengahan bulan ini (Maret 2020) pemerintah menganjurkan untuk melakukan ‘Social Distancing’. Imbasnya, banyak perusahaan yang memberlakukan WFH (Work From Home) atau bekerja secara ‘remote’. Nah, untuk menemani kalian bekerja dirumah, sambil tetap ber-‘Social Distancing’, icinema akan merangkum deretan film yang bertema pandemic terbaik. Stay at home, dan tetap jaga kesehatan ya guys!

Contagion (2011)

Contagion mengisahkan tentang penyebaran sebuah virus misterius yang berbahaya dan upaya para peneliti medis dan petugas kesehatan untuk mengidentifikasi penyakit tersebut hingga akhirnya menemukan vaksin untuk menghentikan penyebaran virus tersebut.

Nama virus dalam film ini adalah MEV-1. Virus tersebut telah mengontaminasi jutaan orang di dunia yang penyebabnya diduga berasal dari kelelawar dan babi. Dalam Contagion ada penekanan apabila pemerintah tidak cepat mengatasi wabah tersebut, maka akan terjadi banyak kericuhan. Salah satu pemicu kericuhan juga media yang senang menyebarkan hoaks.

Baca review lengkap film Contagion disini!

Outbreak (1995)

Berawal dari Zaire, Afrika, sebuah penyakit fiksi bernama Motaba menyebar ke California setelah monyet capuchin yang terinfeksi diselundupkan ke negara itu. Penyakit ini kemudian bermutasi menjadi sejenis influenza, dan kota kecil bernama Cedar Creeks diubah menjadi darurat militer karena infeksi tersebut dengan cepat menyebar.

Film ini merupakan adaptasi dari novel non-fiksi karya Richard Preston yang berjudul: The Hot Zone. Outbreak dihiasi oleh banyak nama besar Hollywood, sebut saja Dustin Hoffman, Cuba Gooding Jr., dan Rene Russo.

Outbreak bisa kalian tonton di: Netflix dan Amazon

It Comes at Night (2017)

It Comes at Night merupakan buah produksi dari A24, spesialisasi produsen film-film horor keren seperti Hereditary dan The Witch. Saat menonton film ini, penonton akan disuguhkan rasa takut yang menjalar perlahan-lahan dan menguras emosi. Setelah terjadi pandemic total, sekelompok penyintas tanpa sengaja menemukan rumah yang terletak dipedalaman hutan. Keluarga kecil yang tinggal dirumah tersebut kemudian mempersilahkan para penyintas tersebut untuk ikut tinggal sementara bersama mereka. Namun, setelah serangkaian insiden aneh, kecurigaan mulai muncul bahwa mungkin salah satu dari mereka telah terinfeksi virus mematikan.

Film ini dibintangi oleh Joel Edgerton, Carmen Ejogo dan Kelvin Harrison Jr.. Di film ini penonton nggak akan disuguhkan perkara ilmiah mengapa sebuah virus muncul dan menyebar. It Comes at Night akan menyuguhkan suasana claustrophobia yang lembap dan gloomy dibanding adegan-adegan rumah sakit dengan banyak orang berpakaian medis lalu lalang. Dan, jangan harap ada akhir yang bahagia di film ini!

The Host (2006)

Jauh sebelum Bong Joon-ho membuat sejarah dengan menjadi orang Korea Selatan pertama yang memenangkan Academy Award melalui film Parasite (2019). Ia sempat membuat sebuah film monster dengan sedikit sentuha sosio-politik.

The Hostmemperlihatkan umat manusia harus menderita kehancurannya sendiri ketika seorang ahli patologi Amerika menginstruksikan rekan Korea-nya untuk membuang formaldehyde di Sungai Han. Beberapa tahun kemudian banyak ikan mati, lalu makhluk amfibi raksasa muncul dan mulai menyerang penduduk setempat. Mahluk tersebut bahkan sempat dan menculik seorang gadis muda bernama Hyun-seo. Ketika militer tiba untuk mengkarantina daerah itu, mereka menyatakan bahwa mahluk tersebut tidak hanya berbahaya, tetapi juga membawa virus yang berbahaya.

Film yang juga dibintangi oleh pemeran Parasite; Song Kang-ho ini walaupun bergenre Horor-Thriller namun, tetap disisipi dengan humor cerdas yang bakal membuat kamu terbahak-bahak, lho!

28 Weeks Later (2007)

Scene populer dimana Cillian Murphy berjalan ditengah-tengah kota London yang sepi di 28 days later (2002) nampak sangat ‘mengerikan’ saat dilihat di tengah-tengah situasi pandemic Corona saat ini. Nah, 28 Weeks Later, merupakan sekuel dari film tersebut dimana, virus dan kelaparan mulai hilang dari kota-kota di eropa bahkan dunia.

Di film ini, digambarkan kehidupan telah kembali normal dari pandemic virus. Penonton kemudian diperkenalkan dengan para karakter baru seperti; Don (Robert Carlyle), anak-anaknya Tammy dan Andy, juga Petugas Medis Angkatan Darat AS Scarlet (Rose Byrne). Tapi, saat Tammy dan Andy berusaha mencari ibu mereka yang hilang saat terjadi pandemic, terjadi serangan zombie untuk yang kedua kalinya.

Lagi-lagi, virus kembali menginfeksi seluruh kota. Tammy dan Andy dibantu dengan Petugas Angkatan Darat AS, berusaha mencari ayah mereka yang sempat terpisah ditengah-tengah serangan zombie.

New york times sempat menggambarkan film ini dengan kata-kata “exhaustingly terrifying”. Yang mana memang membuat para penonton serasa diserang teror terus menerus sepanjang film.

Zombieland (2009)

Diakhir daftar, kami punya Zombieland. Para sineas menyebut genre film sebagai ‘Zom-Com’ atau Zombie Comedy. Zombieland bisa dikatakan merupakan versi ‘kocak’ dari Walking Dead.

Dibintangi oleh Jesse Eisenberg sebagai Columbus dan Woody Harrelson sebagai Tallahassee, mereka adalah dua orang penyintas yang bertemu secara tidak sengaja. Kepribadian keduanya amat bertolak belakang, namun karena satu dan lain hal, mereka berdua setuju untuk bersama-sama melakukan perjalanan ke tempat yang sama. Dalam perjalanan mereka lalu bertemu dengan dua saudara perempuan yang dimainkan oleh Emma Stone dan Abigail Breslin.

Mereka berempat kemudian bertualang bersama, membasmi zombie-zombie untuk menuju ke Pacific Playland, sebuah tempat yang diyakini merupakan lokasi para penyintas berkumpul.

Zombieland meruapakan film yang menyegarkan, cukup tegang dan kocak. Dipenuhi dengan adegan ‘gore’ juga komedi a-la 80-an, film ini bakal membuat kalian tertawa terbahak-bahak dan melupakan sejenak tentang pandemic yang tengah terjadi di Indonesia.

Kalian bisa menonton Zombieland di Netflix dan Amazon.

Itu tadi daftar 6 film bertema pandemic terbaik yang bisa ditonton untuk menemani Work From Home kalian. Ingat untuk selalu menjaga jarak dengan sesama dan hindari keramaian. Better safe dan sorry!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *