6 Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

Salah satu genre favorit jaman sekarang adalah film horror. Namun, horror terbagi lagi pada beberapa sub-genre seperti psychological, thriller, creature feature, slasher, supernatural, dan juga gore.

Salah satu subgenre horror adalah zombie. Yap, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kata zombie. Makhluk-makhluk kanibal buas ini telah membuat para fans horror jatuh cinta sejak dulu. Bahkan, sejak tahun 1978 ketika film zombieDawn of The Dead pertama kali muncul di dunia sinema.

Nah bagi para pecinta film zombie, berikut ini adalah 6 film zombie terbaik sepanjang masa!

1. Train To Busan

Film zombie terbaik sepanjang masa yang pertama adalah Train To Busan. Biarpun ia pendatang baru, tetapi Train to Busan telah memanjat tangga popularitas dengan progress sangat cepat.

Disutradarai oleh Yeon Sang-ho, film ini menceritakan tentang terjebaknya seorang ayah dan anaknya dalam sebuah kereta yang diserang oleh zombie dan menginfeksi para penumpang kereta tersebut ketika mereka menuju rumah ibunya di kota Busan.

Train To Busan pertama kali ditayangkan di Cannes Film Festival pada tanggal 13 Mei 2016, dan pada tanggal 7 Agustus, Train To Busan memecahkan rekor sebagai film korea pertama di tahun 2016 yang menarik lebih dari 10 juta penonton!

2. 28 Days Later

Film zombie terbaik sepanjang masa selanjutnya diberikan pada 28 Days Later yang disutradarai oleh Danny Boyle dan diperankan oleh Cillian Murphy. 28 Days Later menceritakan tentang sebuah laboratorium rahasia yang diserang oleh beberapa aktivis pembela hak-hak hewan (animal right) dengan maksud untuk membebaskan simpanse-simpanse bahan percobaan di laboratorium tersebut.

Namun, mereka tidak menyadari bahwa simpanse-simpanse tersebut telah mengidap virus berbahaya. Akhirnya virus tersebut menjangkiti manusia.

Dalam 10 detik, para manusia terinfeksi akan berubah menjadi zombie. Virus tersebut menyebar sangat cepat ke seluruh dunia dan membuat kelangsungan hidup manusia mejadi terancam. 28 Days Later pun juga dinobatkan sebagai film inggris terbaik ke-97 oleh Time Out Magazine.

3. 28 Weeks Later

Tak kalah dengan film pertamanya, 28 Weeks later juga menjadi salah satu film zombie terbaik sepanjang masa. 28 Weeks Later merupakan sekuel dari 28 Days Later dan melanjutkan cerita dari film sebelumnya, mulai dari enam bulan setelah kejadian pada film pertamanya berlangsung.

Ketika virus zombie telah memusnahkan populasi negara Inggris dan tentara Amerika Serikat tiba untuk memulihkan ketertiban dan memulai rekonstruksi.

Pengungsi kembali ke tanah Inggris, tapi salah satu dari mereka membawa rahasia menyeramkan. Virus zombie ini belum hilang dan bahkan lebih berbahaya dari sebelumnya. Memang patut dua film zombie ini disebut sebagai yang terbaik sepanjang masa!

4. Zombieland

Judul dari film zombie terbaik sepanjang masa selanjutnya pasti sudah tak asing lagi bagi kamu pecinta sub-genre ini. Meskipun Zombieland masih dikategorikan sebagai film zombie namun sarat berbagai elemen humor dalam ceritanya. Dari kelakuan awkward dan lucu karakter utamanya yang diperankan oleh Jesse Eisenberg hingga hal-hal yang terjadi kepada para zombie.  

Cerita Zombieland memiliki latar waktu dengan tema post-apocalypse road-trip pada keadaan dunia setelah serangan zombie. Di saat hampir semua orang telah terinfeksi serangan zombie, seorang pemuda bernama Columbus (Jesse Eisenberg) berhasil bertahan dan akan melakukan perjalanan ke tempat keluarganya.

Di tengah jalan ia bertemu Tallahassee (Woody Harrelson), seorang pria tangguh spesialis pembunuh zombie serta Wichita (Emma Stone) dan Little Rock (Abigail Breslin), dua kakak beradik licik.

Mereka pun harus bekerja sama dalam perjalanan di tengah serangan zombie. Pokoknya Zombieland cocok deh buat kamu yang ngaku sebagai pecinta zombie sekaligus comedy!

Baca Juga: https://icinema.id/film-vampire-terbaik/

5. Shaun of The Dead

Sama terkenalnya dan bahkan tak kalah lucu, Shaun of the Dead juga merupakan salah satu film zombieterbaik sepanjang masa yang memikat para penontonnya dengan nuansa enteng serta penuh kelucuan. Unsur-unsur komedi dicampur dengan gaya cinematography khas sutradara Edgar Wright membuat film zombie ini menjadi dinamis dan sangat tidak membosankan.

Shaun of the Dead menceritakan kisah Shaun, seorang salesman barang-barang elektronik dengan kehidupan membosankan. Shaun memiliki sahabat karib bernama Ed, yang menyebalkan. Hal ini juga kemudian membuat Shaun putus dengan pacarnya, Liz. Liz benci dengan keputusan Shaun untuk selalu mengajaknya ke Winchester pada setiap kencan.

Kehidupan Shaun berubah saat besok paginya para zombie mulai meneror seisi kota. Sayangnya, Shaun masih dalam pengaruh alkohol untuk menyadari zombie-zombie tersebut. Setelah sadar dengan bahaya yang terjadi, Shaun langsung berusaha untuk menyelamatkan diri dan teman-temannya, termasuk Liz dan ayah angkatnya, Phillip yang sangat Shaun benci, dari serangan zombie-zombie.

6. Dawn of The Dead

Film zombie terbaik sepanjang masa yang terakhir adalah Dawn of The Dead. Film zombie ini dirilis pada tahun 1978 dan mungkin pada jamannya bisa dianggap sebagai film zombie terbaik karena tetap populer sampai sekarang!

Film ini bercerita tentang gerombolan zombie yang berkerumun di Amerika Serikat. Penduduk yang ketakutan mencoba segala daya mereka miliki untuk melepaskan diri dari serangan mayat hidup, namun kota maupun pedesaan terbukti tidak aman.

Di Pennsylvania, pegawai stasiun radio Stephen (David Emge) dan pacarnya, Francine (Gaylen Ross), melarikan diri dari helikopter stasiun, ditemani dua anggota SWAT, Roger dan Pete. Kelompok ini mundur ke tempat persembunyian di sebuah pusat perbelanjaan untuk menyelamatkan diri mereka dari serangan zombie-zombie.

Itulah 6 film zombie terbaik sepanjang masa yang wajib (banget) buat ditonton. Film mana saja yang sudah kamu saksikan? Tulis di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *