Hotel Mumbai, Calon pesaing Hotel Rwanda

Hotel Mumbai, sebuah film yang diangkat dari Kisah nyata serangan teroris Taj Hotel di Mumbai. Para Staf hotel mempertaruhkan hidup mereka untuk menjaga semua tamu-tamu agar tetap aman. Film ini di sutradarai oleh Anthony Maras dan di produksi oleh Bleecker Street and ShivHans Pictures.

Filmnya sendiri memiliki kisah yang menyentuh tentang kemanusiaan dan kepahlawanan. Hotel Mumbai dengan jelas mengangkat cerita pengepungan Taj Hotel yang terkenal pada tahun 2008 oleh sekelompok teroris di Mumbai, India. Di antara staf hotel yang diserang, adalah koki terkenal Hemant Oberoi (Anupam Kher) dan pelayan (Dev Patel). Mereka memilih untuk mempertaruhkan hidup mereka untuk melindungi tamu mereka. Saat penyerangan terjadi, pasangan tamu hotel terpaksa melakukan pengorbanan yang tidak terpikirkan untuk melindungi anak mereka yang baru lahir.

Hotel Mumbai

Baca juga : 27 Steps of May, Film Trauma Tragedi 1998

Film ini dibintangi oleh peraih nominasi Academy Award: Dev Patel (Slumdog Millionaire), nominasi Golden Globe: Armie Hammer. Ada pula nama Nazanin Boniadi, Tilda Cobham-Hervey, Anupam Kher (Silver Linings Playbook). Dan juga peraih nominasi Golden Globe: Jason Isaacs (The State Within).

Diangkat dari sebuah teror paling berdarah dalam sejarah

Dilansir dari berbagi sumber, Teror Mumbai setidaknya menewaskan 180 orang dalam serangan yang berlangsung selama 160 jam. Serangan bermula pada Rabu malam 26 November sekira pukul 10. Setelah membajak kapal milik nelayan, penyerang langsung masuk ke kota Mumbai dan menyerang beberapa lokasi yang kerap didatangi warga asing, seperti hotel, cafe, dan sarana transportasi. Selain hotel Taj dan pusat Yahudi, ada lokasi lain yang menjadi target serangan, yaitu stasiun kereta api Chatrapati Shivaji Terminus (CST), kafe Leopold, Rumah Sakit Cama, dan kantor polisi.

Hotel Taj Mahal, Oberoi, dan pusat ibadah Yahudi Rumah Nariman, merupakan tiga tempat yang paling diincar pelaku penyerangan yang menggunakan senjata otomatis AK-47, granat tangan, dan bom tersebut. Hotel Taj Mahal merupakan tempat terakhir yang berhasil dibebaskan National Security Guard (NSG) atau pasukan khusus India.

Jumlah korban tewas mencapai lebih dari 180 orang, termasuk belasan polisi Mumbai, warga asing dari AS, Inggris, dan Israel, serta sembilan pelaku.

Apakah akan mirip Hotel Rwanda?

Jika dilihat sekilas dari konsep, sepertinya film ini akan mirip dengan film Hotel Rwanda yang rilis 15 tahun lalu. Film yang dibintangi oleh Don Cheadle ini sempat masuk 3 nominasi Oscar di tahun yang sama. Filmnya sama-sama menceritakan tentang kisah nyata penyerangan hotel dan kisah heroik petugas hotel dalam menyelamatkan para tamu-nya.

Nah kira-kira, bakal bagus mana gaes antara Film ini dengan Hotel Rwanda? Yuk nonton filmnya 9 April mendatang. Oiya untuk jadwal Midnight sudah bisa ada mulai hari ini di 21 Cineplex lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published.