Green Arrow, Superheroes DC yang Mirip Batman dan Robin Hood

Green Arrow merupakan seorang vigilante yang menggunakan busur dan anak panah untuk memberantas kejahatan jalanan. Green Arrow pertama kali muncul di More Fun Comics #73 pada November 1941.

Nama asli Green Arrow adalah Oliver Queen. Seorang pewaris muda dinasti perusahaan Queen Industries. Digambarkan, Queen hidup bergelimang harta yang membuatnya menjadi pemuda yang ‘liar’.

Oliver Queen

Saking liar tingkah lakunya sehingga begitu mempermalukan ayahnya, Robert. Sampai-sampai ayahnya menghukumnya dengan menempatkan Oliver Queen untuk bekerja untuk salah satu perusahaan ayahnya, di sebuah anjungan minyak.

Namun, hal ini tak membuatnya jera, Oliver justru mengubah anjungan tersebut menjadi tempat untuk dia dan teman-teman sosialita-nya berpesta. Saat tengah mengadakan pesta, sekelompok teroris mengebom anjungan tersebut. Mengakibatkan saudara dan sahabat terdekatnyanya Tommy Merlyn meninggal. Sementara, Oliver sendiri akhirnya selamat. Dia terdampar disebuah pulau tak berpenghuni bersama sebuah berbekal busur panah peninggalan ayahnya.

Baca juga : Captain America, Superhero penderita Asma

Asal Muasal

Green Arrow Flashback

Dipulau tersebut, Oliver harus bertahan hidup dengan berbekal busur panah yang ia miliki. Tapi, hal itu tak cukup, Oliver akhirnya harus berjibaku dan melatih tubuhnya agar sanggup menjadi rantai makanan teratas disebua pulau yang dipenuhi binatang buas.

Bertahun-tahun hidup di pulau tersebut membuat skill memanah dan bertahan hidupnya semakin tinggi. Tak hanya itu saja, mental dan emosi nya pun terasah kala hidup sendirian. Oliver Queen kini menyadari kesalahan masalalu-nya dan membuatnya menjadi pribadi yang lebih baik. Hingga suatu saat, Oliver berhasil ‘selamat’ saat tak sengaja ada sebuah kapal yang menepi di pulau tersebut.

Zero Year

Sekembalinya Oliver, dia mendapati sang ibu; Moira Queen tengah pergi ke Gotham untuk membantu mengatasai kejahatan yang terjadi disana. Oliver Menyadari bahwa sang ibu berada dalam bahaya, berbekal sebuah topeng dan busur miliknya, Queen lalu menyusul ke Gotham. Disana dia akhirnya bahu-membahu dengan Batman untuk menghentikan sang penjahat: Killer Moth.

Team Up With Diggle

Green Arrow with Diggle

Pada suatu malam, sebulan setelah Olivermenjadi Green Arrow, dia terluka setelah berkelahi dengan gerombolan penjahat. Dengan kondisi kehabisan darah dia mengunjungi kepala keamanan perusahaannya, John Diggle. Diggle lalu mengobati dan merawat Oliver, Oliver lalu meminta Diggle untuk bergabung dengannya memerangi kejahatan. Diggle pun menyetujui-nya, akhirnya mereka berdua menjadi tim yang kompak dalam melindungi Sky City dari kejahatan.

Baca juga : Shazam, Kekuatan 5 Dewa jadi Satu

Oliver mulai menggunakan perusahaan teknologi anak perusahaannya Q-Core sebagai basis kegiatannya Green Arrow. Dia dibantu oleh seorang ahli teknologi bernama Naomi dan seorang insinyur bernama Jax. Namun, kegiatan-kegiatan ini mengganggu pekerjaannya di dunia nyata sebagai CEO Queen Industries.

Green Arrow With Batman

Sejatinya, karakter Green Arrow sengaja dicipitakan oleh Mort Weisinger dan George Papp untuk menambah khasanah karakter superheroes DC. Sebelumnya, DC hanya memiliki sosok Batman dan Robin yang cukup populer kala itu. Sehingga DC menciptakan Green Arrow untuk ‘sedikit’ mengistirahatkan karakter Batman.

Karenanya, sosok Oliver Queen/Green Arrow terlihat sangat mirip dengan Bruce Wayne/Batman.

Baca juga : Nick Fury, Sang Penggagas Avengers

229 kali dilihat
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail