Mengenal Lebih Dekat Para Pahlawan dari BumiLangit Cinematic Universe

Hari Minggu kemari (18/8) BumiLangit Studios baru saja memperkenalkan Waralaba superheroes bernama Jagat Sinema BumiLangit atau BumiLangit Cinematic Universe (BCU).

BumiLangit Cinematic Universe (BCU) jilid 1 akan dimulai dengan hadirnya film Gundala yang rilis akhir bulan ini. BCU jilid 1 sendiri akan memiliki durasi selama enam tahun dan dalam kurun waktu tersebut, BCU akan merilis berbagai film pahlawan super.

Nggak cuma MCU atau DCEU yang punya deretan superheroes dengan kemampuan bervariasi. Jagat Sinema BumiLangit juga punya kelompok pahlawan super, kelompok pahlawan tersebut diberi nama Patriot yang pertama kali diperkenalkan lewat komik berjudul Patriot Eksperimen-X yang rilis 1996.

Patriot diisi oleh beberapa superheroes yang sudah cukup dikenal. Diantaranya Gundala, Maza, Aquanus dan Godam. Karakter-karakter tersebut diambil dari komik-komik karya Hasmi dan Widodo Noor Slamet. Namun, tampilan Patriot yang ada di komik dan yang dirilis oleh BumiLangit Studios terlihat berbeda. Alih-alih beranggotakan Gundala, Maza, Aquanus dan Godam, di situs BCU Patriot beranggotakan Gundala, Godam, Tira dan Merpati.

View this post on Instagram

Bumilangit dan Screenplay Picture mempersembahkan Jagat Sinema Bumilangit Jilid I. Jajaran film yang akan ditayangkan dalam rentang 6 tahun ke depan dimulai dari Gundala, Sri Asih, Godam & Tira, Si Buta Dari Gua Hantu, Patriot Taruna, Gundala Putra Petir, Mandala Golok Setan, dan Patriot. Para bintang yang akan bermain dalam film-film Jagat Sinema Bumilangit adalah : @abimana_arya – Gundala. @chicco.jerikho – Godam. @pevpearce – Sri Asih. @chelseaislan – Tira. @tarabasro – Merpati. @asmaraabigail – Desti Nikita. @hannahalrashid – Camar. @danieladnan – Tanto Ginanjar. @kelly_tandiono – Bidadari Mata Elang. @joe_taslim – Mandala. @nicholassaputra – Aquanus. @vaneshaass – Cempaka. @delladartyan – Nila Umaya. @bayu_ario – Ghani Zhulam. @bront_palarae – Pengkor. @therealdisastr – Dewi Api. @jkt48.zara – Virgo. @tatjanasaphira – Mustika. . Mari kita sambut jagat sinema Bumilangit sebagai angin segar dan revolusi perfilman Indonesia! . #BCU29Agustus #Gundala #NegeriIniButuhPatriot #JagoanIndonesia #29Agustus2019

A post shared by Bumilangit (@bumilangitofficial) on

Yuk kita mengenal lebih jauh para superheroes yang berada di naungan BumiLangit Cinematic Universe. Kita akan mulai dari Gundala, yang akan rilis dalam waktu dekat ini.

Gundala

Gundala Putera Petir

Sosok Gundala diperkenalkan lewat komik Gundala Putra Petir karya Hasmi yang pertama kali rilis pada 1969. Ia diceritakan sebagai insinyur bernama Sancaka yang berambisi mencari serum anti petir.

Alih-alih menemukan serum, Sancaka malah tersambar petir hingga mempertemukan dirinya dengan Raja Petir Kronz. Kronz mengangkat Sancaka menjadi anaknya dan memberikan kalung ajaib yang dapat mengubah dirinya menjadi manusia super.

Dalam film karakter Sancaka diperankan oleh Abimana Aryasatya. Namun, di filmnya, ia tidak berprofesi sebagai insinyur, melainkan anggota keamanan yang tersambar petir.

Kalian juga bisa membaca pembahasan lengkap mengenai karakter Gundala di artikel yang sudah kami tulis sebelumnya disini.

Godam

Godam BumiLangit Cinematic Universe
Image source : Bumilangit.com

Karakter Godam pertama kali muncul dalam komik Memburu Doktor Setan karya Widodo yang rilis pada 1969. Godam juga sempat muncul di beberapa komik, diantaranya adalah Mencari Jejak Mayat (1970), Sinar Mata-X (1973) dan Panik (1976).

Godam memiliki nama asli Awang yang berprofesi sebagai seorang supir. Ia mendapatkan kekuatannya dari dimensi lain melalui perantara Bapa Kebenaran. Kekuatan yang ia miliki sangat mirip dengan ‘Superman’ dari DC, yaitu; kekuatan super, terbang dan kekebalan.

Karakter Awang kecil sempat muncul dalam trailer Gundala yang diperankan oleh Faris Fadjar Munggaran, anak Cecep Arif Rahman. Sementara karakter Awang dewasa diperankan oleh Chico Jerikho.

Godam juga akan memiliki film sendiri yang berjudul Godam & Tira yang belum diketahui tanggal perilisannya. Sedangkan, Tira sendiri merupakan pahlawan super yang akan diperankan Chelsea Islan.

Tira

Tira BumiLangit Cinematic Universe
Image source : Bumilangit.com

Tira pertama kali diperkenalkan lewat komik yang rilis pada 1975. Karakter tersebut diciptakan oleh Gun Mardiono (atau biasa dikenal dengan nama Nono).

Nama aslinya Susie, seorang mahasiswa yang memilki kemampuan bela diri mumpuni. Untuk memberantas kejahatan, Tira mengenakan kostum berteknologi tinggi yang membantunya meningkatkan skill bela dirinya. Kalau di DC sosok Tira ini sangat mirip dengan ‘Batman’ versi wanita.

Maza

Maza
Image source : Bumilangit.com

Maza pertama kali diperkenalkan lewat komik yang rilis pada 1968. Karakter Maza sendiri diciptakan oleh Hasmi, sosok yang sama yang membuat Gundala.

Maza memiliki nama asli Kanigara. Awalnya ia bermimpi menjadi Maza yang tengah menjalankan misi mencari mutiara biru dan putrinya yang dicuri Rahczor, ia dibantu Jin Kartubi.

Kartubi memberikan sebuah cincin kepada Maza saat misi selesai. Ketika ia terbangun, cincin tersebut berada dalam genggamannya dan terdengar suara Kartubi bahwa takdir Kanigara menjadi Maza.

Maza memiliki tubuh kekar yang kekuatan super. Ia juga memiliki belati yang dapat memanggil Kartubi dan menuruti perintahnya.

BumiLangit Studios belum memberikan keterangan mengenai karakter Maza. Kemarin mereka juga tidak menjelaskan siapa yang akan memerankan Maza dan peluang membuat film karakter tersebut.

Aquanus

Aquanus
Image source : Bumilangit.com

Aquanus pertama kali diperkenalkan lewat komik Aquanus di Planet Vibhy yang rilis pada 1968. Karakter tersebut diciptakan oleh Widodo.

Aquanus memiliki nama asli Dhanus, ia tidak berasal dari bumi, melainkan dari planet Zyba. Ia terpaksa dilarikan saat planet Zyba diserang, roket yang membawanya tidak sengaja jatuh Bumi. Latar belakang Dhanus ini, sangat mirip dengan dengan bagaimana Clark Kent (Superman) bisa sampai ke Bumi ya genk.

Dhanus memiliki kemampuan bernapas dalam air dan sangat mahir berenang. Selain itu ia juga memiliki sabuk canggih yang bisa memancarkan sinar penghancur, yang disebut sinar pelangi.

Dalam film, karakter Aquanus akan diperankan oleh Nicholas Saputra. Namun BumiLangit Studios belum memberikan penjelasan lebih detail terkait film tersebut.

Merpati

Merpati
Image source : Bumilangit.com

Merpati pertama kali muncul dalam seri komik Gundala bertajuk Pengantin Buat Gundala yang rilis pada 1977. Karakter tersebut diciptakan oleh Hasmi.

Ia memiliki nama asli Sedhah Esti Wulan yang bekerja sebagai jurnalis. Merpati memiliki kemampuan untuk terbang dan mendeteksi arah layaknya burung merpati. Tak hanya itu saja, ia juga memiliki kemapuan bela diri yang mumpuni.

Dalam filmnya nanti, karakter Merpati akan diperankan oleh Tara Basro. Sosok Merpati juga sempat muncul dalam trailer film Gundala, namun belum diketahui apakah akan ada film solo untuk karakter Merpati.

Selain karakter-karakter di atas, BumiLangit juga merilis karakter lain. Seperti Sri Asih (Pevita Pearce), Camar (Hannah Al Rashid), Bidadari Mata Elang (Kelly Tandiono), Mandala (Joe Taslim), Cempaka (Vanesha Perscilla), Dewi Api (Dian Sastro), Virgo (Zara) dan Mustika Sang Kolektor (Tatjana Saphira).

Selain karakter-karakter di atas, BumiLangit juga merilis karakter lain. Seperti Sri Asih (Pevita Pearce), Camar (Hannah Al Rashid), Bidadari Mata Elang (Kelly Tandiono), Mandala (Joe Taslim), Cempaka (Vanesha Perscilla), Dewi Api (Dian Sastro), Virgo (Zara) dan Mustika Sang Kolektor (Tatjana Saphira).

Selain karakter-karakter di atas, BumiLangit juga merilis karakter lain. Seperti Sri Asih (Pevita Pearce), Camar (Hannah Al Rashid), Bidadari Mata Elang (Kelly Tandiono), Mandala (Joe Taslim), Cempaka (Vanesha Perscilla), Dewi Api (Dian Sastro), Virgo (Zara) dan Mustika Sang Kolektor (Tatjana Saphira).

Saat diumumkan mengenai BumiLangit Cinematic Universe kemarin, formasi Patriot yang akan muncul dalam film nanti kemungkinan akan berbeda dengan versi komik atau bahkan versi web BumiLangit Studios. Terlebih, BumiLangit Studios menyiapkan dua film untuk Patriot, yaitu Patriot Taruna dan Patriot.

137 kali dilihat
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail