Pemeran Batman dari Masa ke Masa

The Caped Crusader (julukan untuk Batman) telah diperankan oleh banyak aktor daripada superhero lainnya dalam sejarah film. Sebagian besar hanya memainkan satu film, hingga Christian Bale akhirnya mendobrak tradisi melalui trilogi Dark Knight-nya. Dia menjadi orang pertama yang memerankan Bruce Wayne lebih dari dua kali di layar lebar.

Diurutan kedua ada Michael Keaton yang sempat dua kali berperan sebagai Batman di dua film berbeda. Sementara Ben Affleck juga memiliki 3 judul dimana dia memerankan sosok Batman; Batman v Superman: Dawn Of Justice, Suicide Squad dan Justice League.

Ada juga nama Will Arnett yang ‘mengisi’ suara Batman di The LEGO Movie, The LEGO Batman Movie dan The LEGO Movie 2: The Second Part. Menjadikannya salah satu aktor dengan ‘peran’ Batman terbanyak bersama Bale dan Affleck.

Baca juga : 6 Film Terbaik dengan Satu Lokasi Syuting

Lalu, siapa saja nama-nama lain yang sempat memerankan sosok Batman? saya akan mencoba merangkumnya untuk kalian, Pemeran Batman dari Masa ke Masa:

Lewis G Wilson

Pemeran Batman dari masa ke masa
Lewis Wilson sebagai Batman

Wilson adalah aktor pertama dan termuda yang bermain sebagai Batman. Dia memerankan sosok Batman pada usia 23 tahun. Wilson menjadi Batman diserial TV pada tahun 1943, dimana serial tersebut hanya berumur 15 episode saja.

Diawal kemunculannya, Bruce Wayne yang diperankan Wilson tak nampak seperti sosok Playbboy berduit dan ahli martial art seperti yang digambarkan di komik. Alih-alih kekar dan perkasa, Batman-nya Wilson malah terlihat seperti Bajuri ikut cosplay. Tak cuma itu saja, para fans juga banyak yang mengeluh-kan tentang suaranya terlalu tinggi.

Setelah memerankan Batman, karir Wilson tak membaik. Beberapa kali dia ikut serta dalam sebuah film, namun bukan sebagai aktor utama. Bahkan, dibeberapa film, ia hanya muncul sebagai cameo tanpe kredit. Putranya, Michael G Wilson, bernasib lebih baik di Hollywood. Michael menjadi produser eksekutif dari seri James Bond. Lewis G Wilson meninggal pada tahun 2000.

Robert Lowrey

Pemeran Batman Dari masa ke masa
Robert Lowery

Robert Lowery mengambil alih peran Bruce Wayne dari Lewis Wilson di Batman And Robin 1949. Tidak seperti Wilson, Lowery, saat memerankan sosok Batman telah berusia 36 tahun. Sebelumnya Lowery sempat bermain di film The Mark Of Zorro (1940), The Mummy Army (1944) dan Dangerous Passage (1944). Saat Lowery memerankan Batman, isu fisik (kegendutan) yang sebelumnya diderita Wilson tak lagi ada.

Film Batman and Robin 1949 merupakan film pertama dan terakhir Lowery sebagai Batman. Namun pada tahun 1956, ia sempat sekali lagi mengenakan jubah Batman, saat hadir sebagai cameo di episode The Adventures Of Superman. Hal ini juga menandai pertama kali-nya Batman berbagi waktu layar dengan Superman.

Setelahnya, Lowrey menikmati 20 tahun di dunia film dan TV. Dia meninggal pada tahun 1971.

Adam West

Pemeran Batman dari Masa ke Masa
Adam West sebagai Batman

Pria yang paling populer yang memerankan sosok Batman (pada masanya) dialah William West Anderson. Atau biasa dikenal dengan Adam West. Adam memerankan sosok Batman dengan sedikit gaya yang berbeda, gayanya yang konyol dan kocak, sedikit banyak membuat citra Batman sebagi superhero sedikit tercoreng. Namun, entah bagaimana, karakter yang dibentuk olehnya justru membuat Batman semakin dikenal luas. Pada jaman-nya, Batman mampu menguasai setiap elemen media masa, dari mulai iklan hingga acara talkshow.

Ditahun 1968, serial Batman dimana West bermain dihentikan. Setelahnya, hidup Adam West terkatung-katung. Ada yang mengatakan bahwa Adam West sampai harus ‘ngamen’ dengan kostum Batman hanya untuk bertahan hidup. Hingga akhirnya, pada tahun 1977, ia kembali menjadi Batman, walaupun kali ini ia tak harus mengenakan topeng. Karena, West hanya akan mengisi suara di film animasi The New Adventures Of Batman.

Adam West kembali ke popularitas saat tahun 90-an. Ketika ia membintangi sosok di serial TV berjudul Lockwell. Ia sekali lagi mengisi suara Batman untuk video game LEGO Batman 3: Beyond Gotham dan tampil reguler di serial animasi Family Guy sampai kematiannya pada tahun 2017.

Baca juga : Review The Secret Life of Pets 2, Cerita Biasa dibalut Visual Luar Biasa

Michael Keaton

Pemeran Batman dari Masa ke Masa

Butuh waktu lebih dari 20 tahun bagi Adam West untuk kehilangan pesona-nya pada Batman.

Ketika beredar kabar bahwa Tim Burton dan Michael Keaton akan menggarap film Batman pada tahun 1989, para fans menjadi ‘panik’. Fans mengira bahwa pahlawan mereka akan mendapatkan tampil layaknya Adam West lagi. Hal ini terbukti dari 50.000 surat protes dikirim ke kantor Warner Bros. Dalam upaya untuk menenangkan para fans, sang co-creator Batman; Bob Kane dipekerjakan sebagai konsultan kreatif untuk film ini.

Sejatinya, sebelum penunjukan Keaton, ada beberapa bintang Hollywood sempat dipertimbangkan untuk peran Batman. Diantaranya Mel Gibson, Kevin Costner, Charlie Sheen, Pierce Brosnan, Tom Selleck hingga Bill Murray. Tapi produser Jon Peters memilih Keaton karena dia menginginkan sosok Batman yang tak hanya menakutkan, tapi juga punya sedikit selera humor. Dan “Keaton memiliki keduanya.”

Nyatanya, Di film Batman (1989) Keaton sukses memerankan sosok Bruce Wayne. Para Fans, yang sebelumnya mengkritik, kini beramai-ramai memujanya. Hal ini lalu disambut oleh Warner Bros dengan sebuah rencana untuk membuat film keduanya.

Untuk pertama kalinya, seorang aktor memerankan sosok Batman dua kali di layar lebar. Sebuah pencapaian luar biasa bagi Keaton. Di film Batman Return (1992), Keaton kembali tampil prima.

Setelah Batman Returns, karir Keaton sedikit meredup. Sebelum akhirnya kembali dalam film Birdman yang membuatnya masuk nominasi Oscar. Belum lama ini Keaton kembali ke film superhero melalui film Spider-Man: Homecoming.

Val Kilmer

Pemeran Batman dari Masa ke Masa

Ketika sutradara Joel Schumacher mengambil alih franchise Batman. Keaton memutuskan untuk tidak lagi kembali menjadi sosok Dark Knight. Daniel Day-Lewis, Ralph Fiennes, William Baldwin dan Johnny Depp sempat digosipkan sebagai pengganti-nya. Namun, yang terpilih justru Val Kilmer.

Kinerja Kilmer sebagai Batman mendapat ulasan yang beragam. Seperti yang ditulis oleh The New York Times, “Val Kilmer menjadi Batman yang OK tetapi tak lebih baik daripada Michael Keaton.” Sementara, Bob Kane merasa sebaliknya, “Kilmer melakukan pekerjaan baik. Dari semua aktor yang memerankan Batman, dia yang terbaik..” ujar Bob Kane.

Film Batman Forever menghasilkan keuntungan lebih besar daripada Batman Returns-nya Keaton. Namun, sepertinya takdir hanya memberikan sekali kesempatan untuk Val Kilmer memerankan sosok Batman.

Baca juga : 10 Kematian Jagoan Paling Tragis

George Clooney

Pemeran Batman dari Masa ke Masa

Karier film George Clooney saat terpilih sebagai pemeran Batman tengah berada di puncaknya. Saat itu, ia baru saja bermain di film karya Quentin Tarantino yang berjudul From Dusk Till Dawn. Para produser dan sutradara berlomba-lomba untuk mendapatkan kontrak Clooney. Warner Bros dan Joel Schumacher kemudian berhasil menggaet Clooney untuk berperan sebagai Bruce Wayne di Batman & Robin (1997).

Batman & Robin (1997) adalah sebuah bencana. Kostumnya begitu aneh, dengan puting yang menonjol. Pada tahun 1997, Mick LaSalle dari San Francisco Chronicle menulis, “George Clooney adalah sebuah kesalahan dari film ini, dan dia harus segera turun dari serial ini..”

Batman & Robin menerima 11 nominasi di Razzie Awards. Razzie Awards sendiri adalaha suatu “penghargaan” yang diberikan sebagai pengakuan atas ‘yang terburuk’ dalam industri perfilman di Amerika Serikat. Batman & Robin juga mencatatkan rekor dengan film berpenghasilan terburuk sepanjang sejarah film Batman Modern.

Tapi semua itu tidak merusak karier Clooney. Setelah Batman & Robin. Karirnya menanjak pesat, ia membintangi Out Of Sight, Three Kings dan O Brother, Where Art Thou?. Dan tentu saja Ocean’s Eleven juga Up in the Air.

Christian Bale

Sejak Adam West hingga George Clooney, Batman tampaknya bakal terus menjadi superhero ‘lawak’. Hingga, datanglah Christopher Nolan. Sutradara Memento dan Insomnia ini ditugasi untuk mengembalikan karakter Batman seperti aslinya. Karakter yang lebih ‘gelap’, tangguh dan tidak kebanyakan becanda, seperti Adam West, Keaton dan Clooney.

Sebelum Christian Bale terpilih, beberapa aktor sempat menjadi kandidat. Diantaranya adalah Billy Crudup, Jake Gyllenhaal, Joshua Jackson hingga Cillian Murphy. Tapi Nolan akhirnya memilih Christian Bale; “dia memiliki keseimbangan antara kegelapan dan kebaikan yang saya cari.” ujar Nolan.

Bale secara umum mendapat ulasan yang bagus untuk Batman Begins 2005. Beberapa kritikus menyandingkannya dengan akting briliannya di film American Psycho. Namun, beberapa fans tampaknya kurang puas dengan suara Bale.

Terlepas dari itu, Batman versi Bale sangat memorable. Saat ada diskusi mengenai siapa pemeran Batman terbaik, namanya selalu muncul pertama kali. Tentu saja, hal ini didapatkan bukan hanya karena aktingnya saja. Faktor sutradara, naskah dan sinematografi juga membantunya mendapatkan gelar Batman terbaik.

Tercatat trilogi Dark Knight-nya Nolan dan Bale berhasil menghasilkan dua Oscar. Dan sampai saat ini masih menjadi film superhero terbaik sepanjang masa versi imdb dan rottern tomatoes. Prestasi tersendiri untuk Bale, karena berhasil memerankan sosok Batman hingga tiga kali.

Will Arnett

Kali ini Batman hadir dengan ‘tampilan’ berbeda. Will Arnett membawa keceriaan baru yang sebelumnya tertutup debu kelam bayang-bayang Dark Knight-nya Bale. Will mengisi suara Batman di film animasi The Lego Movie tahun 2013.

Kinerja Will Arnett terbilang sukses. Terbukti banyak fans yang sangat menyukai ‘suara’ dan ekspresi Will saat menjadi Batman. Hingga saat ini, Will Arnett mampu menyamai rekor Christian Bale yang memerankan sosok Batman sebanyak 3 kali. Setelah The Lego Movie (2013), The Lego Batman Movie (2017) dan The Lego Movie 2: The Second Part (2019).

Ben Affleck

Pemeran Batman dari masa ke masa terbaik: Ben Affleck?

Ben Affleck mengenakan jubah Batmanuntuk pertama kalinya di Batman V Superman: Dawn Of Justice karya Zack Snyder. Snyder mengatakan bahwa Batfleck akan tampil lebih mirip dengan komik dan tetap memiliki pesona miliarder Bruce Wayne.

Review yang cukup baik untuk Ben Affleck hadir di film pertamanya; BvS. Sedangkan di Suicide Squad, Batman hanya dapat secuil porsi tampil. Dan di Justice League, Ben Afflect mendapat cukup banyak kritik, karena kualitas aktingnya yang menurun. Banyak gosip yang beredar, jika Ben akan kembali tampil sebagai Batman. Namun, hal itu ternyata terjawab setelah nama ‘Robert Pattinson’ dikonfirmasi akan memerankan sosok Batman selanjutnya.

Namun, Affleck tidak sepenuhnya keluar dari bayang-bayang Batman. Di film selanjutnya nanti, Ben Affleck akan duduk dibangku produser atau co-writer.

Nah, itu tadi Pemeran Batman dari Masa ke Masa. Yuk, share pendapat kalian mengenai siapa pemeran Batman terbaik di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *