Review Annabelle Comes Home, Plot Sederhana yang Cukup Menghibur

Review Annabelle Comes Home
Review Annabelle Comes Home

Annebelle Comes Home akan menjadi film debut untuk sutrdara; Gary Dauberman. Gary sebelumnya adalah penulis naskah untuk film IT, The Nun dan Annabelle Creation. Kali ini Gary akan berpasangan dengan James Wan yang akan membantunya menulis naskah. Mereka sebelumnya pernah bekerja sama saat menggarap film The Nun sebagai penulis naskah. Sementara posisi tokoh utama masih tetap akan diperankan oleh Patrick Wilson sebagai Ed dan Vera Farmiga sebagai Lorraine.

Annabelle Comes Home ini masih akan bercerita seputar Boneka Iblis yang ada di film-film sebelumnya. Namun kali ini si boneka tersebut berada dalam kepemilikan sang aktor utama; Ed and Lorraine Warren. Boneka iblis tersebut disimpan oleh Ed dan Lorraine di sebuah kamar khusus dirumahnya, tempat penyimpanan artefak-artefak lainnya.

Mengambil Setting setelah The Conjuring

Film ini mengambil setting waktu tidak lama setelah film The Conjuring, dan sebelum The Conjuring 2. Lorraine, menyadari bahwa Annabelle bukan hanya sebuah boneka berhantu, ia memiliki daya tarik bagi para roh.

Karena-nya, Annabelle menjadi koleksi Warren yang paling berbahaya. Menghancurkan boneka tersebut malah akan menmbuat segalanya menjadi lebih buruk. Warrens menyimpannya dalam kotak kaca dan menyegelnya.

Suatu malam, pasangan Warrens pergi ke luar kota meninggalkan putri mereka yang berusia 10 tahun Judy (McKenna Grace) bersama dengan pengasuhnya, Mary Ellen (Madison Iseman). Tak lama kemudian, sahabat Mary Ellen, Daniella (Katie Sarife) datang, dan dia tampak sangat ingin tahu tentang apa yang ada di ruangan artefak dirumah keluarga Warrens. Celakanya, tanpa sengana Daniella melepas segel dan membuat boneka Annabelle bebas.

Baca juga : Review Film Parasite: Sajian Black Comedy Berbalut Isu Sosial yang Sangat Mengagumkan!

Review Annabelle Comes Home
Review Annabelle Comes Home

Plot yang Sederhana, Mirip Film Horor 90-an

Di film-film Annabelle sebelumnya memiliki plot yang sangat rumit, namun Annabelle Comes Home memiliki plot yang sangat sederhana. Sebuah rumah berhantu karena banyak barang berhantu, yang dikoleksi oleh duo pemburu hantu. Secara garis besar, plotnya sangat mirip dengan film-film horor era 90-an, dimana malapetaka disebabkan oleh kelakuan bodoh seseorang yang tanpa sengaja memanggil hantu, dirumah berhantu.

Tempo-nya berjalan begitu lambat diawal. Saya dibuat menunggu cukup lama hingga hadirnya hal yang menyeramkan. Namun, begitu teror tersebut muncul, semua terbayar tuntas. Kesabaran saya berbuah manis, Annabelle Comes Home, mampu menghadirkan kualitas horor yang lebih baik daripada dua film sebelumnya. Gary Dauberman tak banyak menggunakan CGI dan Jumpscare untuk membuat teror kepada para penonton. Dia lebih banyak menggunakan, pencahayaan, sudut pandang kamera dan tentu saja karakter Annabelle itu sendiri. Sosok hantu yang muncul-pun beragam, sepertinya hal ini sengaja disiapkan untuk sekuel film berikutnya.

Franchise The Conjuring universe sepertinya sudah lama tak mampu menyamai kualitas film pertamanya; The Conjuring (2013). Film-film sesudahnya selalu berusaha meniru kesuksesan The Conjuring yang dikemudian hari terbukti gagal. Namun, Annabelle Comes Home melakukan pendekatan yang sedikit berbeda. Seri ke-3 Annabelle ini mengangkat tema dan plot yang jauuuuuh lebih sederhana daripada semua film di The Conjuring Universe.

Kualitas Akting Biasa-biasa Saja

Tak hanya itu, Annabelle Comes Home juga menyuguhkan beberapa one-liner jokes untuk menghindari penonton terlalu tegang. Munculnya hantu-hantu baru juga sedikit banyak, cukup menyegarkan film ini.

Review Annabelle Comes Home

Sayang-nya, plot sederhana dan horor yang membuat meringis tak diimbangi dengan kualitas akting para pemerannya. Vera Farmiga, Patrick Wilson dan Madison Iseman tampil biasa-biasa saja. Pengecualian untuk Mckenna Grace yang memerankan sosok Judy Warren. Melalui ekspresinya Grace mampu mengantarkan kengerian kepada para penonton, tanpa banyak mengeluarkan dialog.

Overall, jika kamu mencari film horor yang penuh makna seperti Hereditary atau The Conjuring maka film ini tak akan menghiburmu. Namun jika kamu mencari sensasi menikmati film horor tanpa harus banyak memutar otak, memikirkan motivasi si hantu kenapa dia mengincar manusia, maka Annabelle Comes Home adalah film yang tepat.

354 kali dilihat
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail