Review Film Ambu: Drama Keluarga Ibu dan Anak dalam Balutan Kisah Masyarakat Suku Baduy

Perfilman Indonesia belum lama ini kembali menghadirkan sebuah drama keluarga tentang kisah ibu dan anak yang diangkat oleh sebuah film berjudul Ambu.

Mempunyai latar lokasi di lingkungan masyarakat suku Baduy, Ambu merupakan film yang menjadi debut penyutradaraan Farid Dermawan. Adapun, naskahnya ditulis oleh Titien Wattimena (Mengejar Matahari, Love, Minggu Pagi di Victoria Park). 

Plot film ini sendiri mengangkat kisah tentang Ambu Misnah (Widyawati) yang hidup dengan latar belakang budaya yang begitu kuat. Gambaran ini terlihat ketika Ambu ditinggal oleh anak perempuannya Fatma (Laudya Cynthia Bella).

Baca Juga: https://icinema.id/review-film-pariban-idolad-dari-tanah-jawa/

Fatma bukannya lupa akan akar budayanya sendiri, namun ia pergi dari Baduy ke Jakarta untuk sebuah alasan, dan salah satunya adalah demi mengejar cintanya. Kisah ini bertahan cukup lama, sampai pada suatu hari Fatma pulang ke Baduy bersama gadis kecil bernama Nona.

Gadis kecil yang turun ke bumi karena buah cintanya dengan pria yang ia cintai. Namun, konflik mulai muncul di sini. Ambu justru punya sikap yang lain ketika melihat Fatma membawa pulang Nona. Konflik Ibu dan anak ini yang kemudian menjadi suguhan dari film Ambu.

Dari awal film, cerita yang dibangun dalam Ambu sangat solid. Plotnya sangat fokus, rapi, dan tidak berantakan. Belum lagi, kualitas akting yang ditampilkan para pemerannya sangat mengagumkan. Misalnya, Widyawati yang memerankan Ambu Misnah. Kepiawaian Widyawati dalam memainkan peran tersebut tak ubahnya nyawa bagi film Ambu.

Widyawati mampu membuktikan reputasinya sebagai aktris senior dengan jam terbang tinggi. Di tangannya, Ambu Misnah berhasil direpresentasikan sebagai sosok seorang ibu yang kehilangan anaknya, memendam duka, menahan rasa getir, sekaligus keras kepala.

Ambu Misnah berkali-kali mencoba untuk menerima kenyataan putri semata wayangnya telah “pergi”, namun berkali-kali pula ia mesti merelakan bahwa semuanya tak lagi sama.

Laudya Cynthia Bella di film Ambu

OverallAmbu layak diberikan rating sebesar 7.5/10 karena tak hanya sukses membangun narasi keluarga, terutama ibu dan anak, melainkan menyasar isu perempuan yang lebih luas.

573 kali dilihat
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail