Review Film Chef (2014)

Chef, sebuah film yang disutradari sekaligus dibintangi oleh Jon Favreau ini termasuk ‘berani’ dengan mengusung tema ‘food culinary’. Ditengah gempuran film-film horror, thriller dan sci-fi yang berasal dari holywood. Film yang juga di bintangi oleh Scarlett Johansson, Robert Downey Jr. John Leguizamo, Emjay Anthony dan Sofía Vergara ini sukses ‘nangkring’ di angka 7.3 rating imdb. Jon Favreau juga dinominasikan dalam Critics Choice Award dalam kategori : Best Actor in a Comedy Movie.

Konflik Sejak Awal

Cerita diawali dengan adegan dimana Chef Carl Casper (Jon Favreau) tengah berbincang dengan anaknya sambil memilih bahan masakan di pasar. Kemudian perlahan setting bergeser ke sebuah dapur restaurant tempat Carl bekerja. Konflik antara anak-ayah sudah ditampilkan sejak awal film. Ditambah sedikit-demi-sedikit konflik utama muncul perlahan dengan kedatangan kritikus makanan yang terkenal ‘killer’. Dan memberikan komentar buruk tentang masakan si Carl.

Baca juga : The Dirt, Kisah Urakan Band Motley Crue

Si kritikus lalu menulis penilaiannya melalui sebuah blog yang banyak di share di dunia maya oleh para penggemarnya. Carl yang buta teknologi, penasaran, lalu membuat akun twitter dan berniat membalas cuitan si kritikus makanan tersebut. Berawal dari Twitwar tersebut, masalah-pun semakin berlarut-larut dan akhirnya membuat Carl dipecat sebagai Chef dari restaurant tempatnya bekerja.

Tapi, gegara sosial media pula-lah akhirnya si Carl mampu mengembalikan kesuksesannya dengan bantuan dari Percy (Emjay Anthony) anaknya dan teman-temannya.

Review Film Chef

Film-nya dikemas rapi dan elegan, akting para aktornya juga brilian, apalagi Jon Favreau dan Emjay Anthony. Sayang tampilnya Scarlett Johansson dan Robert Downey yang sebentar hanya jadi ajang nebeng nama, bahkan RDJ hanya muncul kira-kira 5menit.

Film Ringan yang Menghibur

Plot ceritanya standar dan ringan, tidak ada flashback atau narasi-narasi kurang penting. Ending-nya bahkan dengan mudah bisa tertebak walaupun hal ini tetep tak membuat para penonton beranjak. Yang paling ciamik dari film ini adalah makanannya. Detail pengambilan gambar makanannya dibuat sangat baik sehingga sukses membuat yang nonton menjadi lapar dibuatnya.

Konon katanya Jon Favreau sampai harus kursus masak makanan prancis. Dan tutorial langsung dari koki Roy Choi (untuk hal ini ada footage-nya di ending film). Di film ini, penonton juga akan disuguhkan proses masak yang sesungguhnya. Yang bahkan tak akan pernah kalian bisa lihat di Master Chef Indonesia.

Satu lagi yang hal menonjol dari film ini adalah efek visual yang digunakan saat si tokoh utama tengah mengirim twit. Saat adegan seperti ini berlangsung, akan ada visual yang muncul, menampilkan isi dari layar ponsel/ipad yang digunakan si tokoh utama. Dan ketika si tokoh menekan tombol send, maka layar tersebut berubah menjadi burung lalu terbang sambil berkicau.

Overall, film ini bisa dibilang ‘sangat’ menghibur, ceritanya ringan, tak banyak basa-basi. Walaupun masih ada yang mengganjal dari sisi dialog yang kurang matang dan kualitas jokes yang seperti sedikit garing. Tapi, hal tersebut tetap tidak mengurangi esensi filmnya.

644 kali dilihat
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail