Review Contagion, Film Tentang Virus MEV-1 Mirip Pendemi Corona

Situasi dunia saat ini WHO telah mengumumkan tentang pandemi virus Covid-19 di seluruh dunia. Presiden Indonesia Joko Widodo dalam pidatonya mengintruksikan untuk masyarakat Indonesia mengurangi kegiatan di luar rumah yang tidak penting. Termasuk menerapkan sistem kerja work from home (WFH) dan sekolah serta kuliah secara online. Ini merupakan langkah strategis yang diambil pemerintah untuk pencegahan wabah virus corona yang semakin meluas di Indonesia saat ini. Kebijakan ini pun sudah dijalankan, mulai dari level kementerian sampai perusahaan berbasis teknologi karya anak bangsa.

Dari banyak tema tentang film dan serial, salah satunya yaitu tema tentang wabah, seperti wabah virus corona yang sedang terjadi saat ini yaitu film yang berjudul Contagion. Mungkin saat melihat film Contagion, kita mendapat perspektif baru dalam menyikapi sebuah wabah yang sedang merebak.

Baca juga : Review Film 1917, Akting Brilian yang Dikemas Sinematografi Luar biasa

Review Film Contagion

Contagion mengisahkan tentang penyebaran sebuah virus misterius yang berbahaya dan upaya para peneliti medis dan petugas kesehatan untuk mengidentifikasi penyakit tersebut hingga akhirnya menemukan vaksin untuk menghentikan penyebaran virus tersebut.

Nama virus dalam film ini adalah MEV-1. Virus tersebut telah mengontaminasi jutaan orang di dunia yang penyebabnya diduga berasal dari kelelawar dan babi. Dalam Contagion ada penekanan apabila pemerintah tidak cepat mengatasi wabah tersebut, maka akan terjadi banyak kericuhan. Salah satu pemicu kericuhan juga media yang senang menyebarkan hoaks.

Tak hanya menegangkan, film juga menampilkan kondisi mencekam di berbagai kota besar dunia, apalagi ketika sang sineas memotret kondisi provinsi Guan Dong di Tiongkok, kepanikan di Prancis, hingga Amerika Serikat.

Momen lain yang bikin merinding adalah sebuah adegan yang memperlihatkan kondisi pasar swalayan saat tengah morat-marit lantaran diserbu masyarakat yang panik dan membeli banyak bahan makanan serta obat-obatan.

Jika mengikuti alur ceritanya, banyak orang yang berasumsi bahwa film yang tayang 2011 ini adalah ramalan yang telah terjadi saat ini ketika kehadiran virus Corona yang diawali dari wuhan, Cina menelan banyak korban jiwa di dunia.

Film ini rilis pertama kali pada 9 September 2011 ini di sutradarai oleh Steven Soderbergh dan penulis naskah Scott Z. Burns. Dibintagi oleh Marion Cotillard, Bryan Cranston, Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, dan Jennifer Ehle.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *