Review Film Greyhound, Film Perang Terbaik Tahun Ini

Review Film Greyhound – Greyhound merupakan film bergenre War-Drama yang di tulis dan dibintangi oleh Pemenang Academy Awards; Tom Hanks. Berkisah tentang ‘Naval Battle’ dimasa-masa Perang Dunia II, dimana konvoi kapal logistik milik sekutu disergap oleh U-Boat milik Jerman ditengah-tengah Samudera Atlantik.

Film ini diadaptasi dari Novel berjudul The Good Shepherd karya C.S. Forester. Selain Tom Hanks, film Greyhound juga akan dibintangi oleh Stephen Graham (Snatch, Tinker Tailor Soldier Spy, Rocketman). Rob Morgan (Mudbound, Stranger Things, Daredevil), dan Nominator Oscar; Elisabeth Shue (Leaving Las Vegas, The Boys, Death Wish).

Greyhound disutradarai oleh pemenang Oscar; Aaron Schneider (Two Soldiers, Get Low). Sementara untuk naskahnya sendiri ditulis oleh Tom Hanks yang juga merangkap sebagai aktor utamanya. Film ini di produseri oleh Pemenang Emmy; Gary Goetzman (Olive Kitteridge, Game Change, The Pacific).

Review Film Greyhound

Dimasa awal-awal Perang Dunia II, sebuah konvoi kapal miliki sekutu yang terdiri dari 37 kapal logistik berangkat dari Amerika menuju ke Inggris. Konvoi ini dipimpin oleh Kapal Perang bernama ‘Greyhound’ dengan Ernest Krause (Tom Hanks) sebagai kapten-nya.

Enest Krause sendiri baru pertama kali memimpin kapal perang setelah selesai melalui pendidikan. Dimasa itu, kapal-kapal non-destroyer (Kapal logistik atau Kapal dagang) acap kali ditenggelamkan oleh pihak Jerman dengan U-Boat nya yang legendaris. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak sekutu memberikan pengawalan terhadap konvoi kapal logistik dan kapal dagang yang berencana melintasi samudera Atlantik.

Greyhound memimpin konvoi yang terdiri dari 37 kapal (Logistik dan kapal dagang) ditemani oleh tiga kapal perang ringan dengan kode nama; Dicky, Eagle dan Harry. Diawal perjalanan, Konvoi dikawal oleh unit udara untuk memantau kehadiran U-Boat milik Jerman. Namun, berdasarkan peraturan kelautan Internasional, unit udara tak mampu mengawal konvoi sepanjang perjalanan dari Amerika ke Inggris. Sehingga, saat mencapai perairan Internasional unit udara pun meninggalkan konvoi dan kembali ke Amerika, sementara konvoi yang dipimpin Greyhound harus berjuang sendirian untuk tiba di perairan Inggris dan kembali dikawal oleh unit udara Inggris.

Review Film Greyhound

Baca juga: Bone Tomahawk, Paduan Western-Horor yang Bikin Meringis

Celah tanpa pengawalan unit udara itu dikenal dengan nama Black Pit (Celah Hitam), dimana Jerman biasanya sudah bersiap untuk menyergap konvoi-konvoi sekutu yang rentan tanpa adanya unit udara yang mengawal.

Ditengah-tengah pelayaran, konvoi yang dipimpin oleh Greyhound disergap oleh U-Boat milik Jerman. Tak hanya 1, melainkan 5 U-Boat Jerman yang kemudian melakukan penyerangan terhadap konvoi tersebut. Dengan jumlah kapal perang yang hanya 4 Unit, U-Boat Jerman dengan leluasa menenggelamkan satu persatu kapal konvoi, sementara Greyhound berusaha sekuat tenaga untuk mencegahnya.

Review Greyhound

Konsep Naval Battle sejatinya bukan konsep yang unik di genre peperangan Hollywood. Pearl Harbour, Dunkirk dan Midway sudah hadir lebih dulu dengan konsep yang serupa. Namun, Greyhound nyatanya mampu menampilkan sesuatu yang berbeda.

Review Film Greyhound

Sang Sutradara; Aaron Schneider yang bekerja-sama dengan Tom Hanks sebagai penulis naskahnya mampu menghadirkan ketegangan yang intens sejak awal film hingga menjelang akhir. Dialog-dialog dan kode-kode perkapalan yang dimunculkan jelas menambah kesan otentik tanpa harus kehilangan arti dari kode tersebut.

Kredit tersendiri patut disematkan untuk Tom Hanks melalui akting-nya. Tom Hanks yang memerankan kapten Ernest Krause; berhasil membangun chemistry yang kuat dengan para kru-nya di kapal. Tak hanya itu, Ia juga mampu menjaga emosi dan ketegangan para penonton dari awal hingga akhir film. Sayangnya, difilm ini Tom Hanks seperti tampil sendirian. Tentu saja tanpa mengecilkan akting para pemain lain yang cuma dapet jumlah porsi tampil minim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *