United, Film Tragedi Tim Manchester United!

Film ini merupakan film yang diangkat dari tragedi yang menimpa tim asal Inggris: Manchester United. Sebuah tragedi tentang kecelakaan pesawat yang melibatkan para pemain dan staff Manchester United. Kala itu, mereka sedang dalam perjalan pulang dari Yugoslavia, selepas melakukan pertandingan away.

Manchester kala dijadwalkan berhadapan dengan Red Star Belgrad di Yugoslavia untuk pertandingan Piala Champions. Sementara, di penghujung minggu, Manchester United juga harus menjalani pertandingan liga Inggirs. Saat itu jadwal pertandingan Football League (sekarang disebut Barclay Premier League) sangat padat.

Matt Busby selaku pelatih kepala mengajukan pengunduran jadwal tanding Manchester United namun FA (PSSI-nya Inggris) menolaknya. Akhirnya, untuk mengakomodir dua even yang berdekatan tersebut, Matt Busby memutuskan untuk menyewa pesawat Komersil “British European Airways Flight 609″ untuk pertandingan ke Yugoslavia.

Baca juga : Review No Country For Old Men, Film Crime dengan 4 Oscar

Usai menjalani laga melawan Red Star Belgrade di Yugoslavia, Manchester United kemudian melakukan perjalanan pulang ke Inggris dengan transit di Munchen, Jerman untuk melakukan pengisian bahan bakar (6 Februari 1958). Namun na’as, saat hendak lepas landas, Pilot gagal menaikkan hidung pesawat dan akhirnya menyebabkan pesawat tergelincir.

Dari 43 penumpang (pemain,staff dan wartawan), 23 diantaranya meninggal. Dari daftar orang yang meninggal, diketahui 8 diantaranya merupakan pemain Manchester United. Antara lain Roger Byrne, Eddie Colman, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor, Geoff Bent, Liam Whelan dan Duncan Edwards. Tak hanya pemain, ada juga nama Walter Crickmer sebagai sekretaris klub, Tom Curry dan Bert Whalley (asisten pelatih).

Bobby Charlton, Striker muda Manchester United saat itu merupakan salah satu korban yang selamat dari kecelakaan itu. Bobby Charlton kemudian menjadi sumber cerita utama dalam Film “United” ini.

Manchester United

Film ini disutradarai oleh James Strong, sementara naskahnya ditulis oleh Chris Chibnall. Sedangkan untuk para aktor-nya diisi oleh Jack O’Connell (Bobby Charlton), Dean Andrews dan Kate Ashfield.

Plot Sederhana, Konflik luar Biasa

Plot-nya dibuat sangat sederhana. Memang, premis-nya dibuat agak sedikit lama dan bertele-tele, namun hal ini kemudian terbayarkan dengan beberapa konflik yang cukup mendebarkan. Naskah nya pun dibuat sangat simple, bahkan penonton yang kurang suka terhadap sepakbola pun akan dengan mudah menikmati filmnya tanpa kendala.

Yang jadi kejutan, tentu saja sinematografi-nya dibuat dengan serius dan tidak asal-asalan. Coba saja tengok bagaimana tim produksinya mampu ‘membangun’ landscape-landscape ala industri perkapalan Inggris tahun 1950-an. Bahkan, stadion Old-Trafford pun terlihat begitu nyata di sini.

Baca juga : Review Film Brightburn: Sajian Superhero “Jahat” yang Memuaskan Pecinta Gore

Untuk kualitas akting, para aktor yang bermain di United masih terlihat ‘biasa’ saja. Tak ada yang terlalu menonjol, namun juga tak ada yang terlalu buruk.

Overall, film United ini mungkin bisa menjadi pengobat rindu para penggemar Manchester United yang sepertinya sudah haus akan trophy kemenangan.

1805 kali dilihat
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail