Review Knives Out, Film Misteri dengan Sisipan Komedi yang Anti Mainstream

Review Knives Out – Saat diwawancarai beberapa waktu yang lalu, sebelum film Knives Oiut dirilis, sang sutrdara; Rian Johnson mengungkapkan bahwa film Knives Out merupakan sebuah penghormatan terhadap Agatha Christie. Johnson adalah penggemar berat Agatha Christie, karena-nya Knives Out mengambil semua aspek yang ia sukai tentang penulis terkenal itu. Rian Johnson merekrut cast-cast all-star, menyisipkan thriller a-la Hitchcock dan Plot twist dengan genre Amerika modern.

Knives Out berkisah tentang misteri kematian seorang penulis novel misteri bernama Harlan Thrombey. Ia merupakan seorang penulis yang eksentrik, sangat kaya dan terkenal. Harlan dikelilingi oleh keluarga besar yang nampak sangat menyayanginya. Namun, semuanya terkuat saat ajal menjemputnya dengan cara yang aneh dan misterius.

Kematian Thrombey awalnya terlihat seperti bunuh diri, namun seorang detektif swasta bernama Benoit Blanc percaya bahwa ada sesuatu yang janggal dibalik kematian Thrombey. Dia mencurigai salah satu anggota keluarga membunuh Harlan Thrombey dengan berbagai alasan. Blanc mulai menyelidiki kasus dengan menginterogasi satu per satu anggota keluarga. Dari mulai Linda dan suaminya; Richard. Menantu perempuannya; Joni, Anak lelakinya; Walter, Cucunya yang nyentrik; Ransom hingga sang perawat Marta. Semua tak lepas dari kecurigaan Blanc dalam penyelidikannya.

Masing-masing anggota yang di-interogasi Blanc memberikan keterangan yang terbilang samar. Hingga, Blanc sampai pada keterangan Marta, sang perawat yang akhirnya mengeluarkan petunjuk-petunjuk yang menguak ‘hampir’ semua keterangan palsu yang diberikan para anggota keluarga yang lain. Mulai dari Richard yang ketahuan menyelingkuhi Linda, Joni yang bermasalah dengan pembayaran kuliah anaknya, hingga Walter yang dipecat oleh Harlan dari perusahaan penerbit miliknya.

Review Knives Out

Perlahan, satu persatu petunjuk mulai menguak tabir misteri tentang kematian Harlan. Namun, Blanc masih harus mencari sesuatu yang tak kalah penting; Barang bukti.

Baca juga : Review Film Charlie’s Angels (2019): Sajian Kuno Tentang Para Perempuan Jagoan Nan Seksi

Film ini disutradarai oleh Rian Johnson dan dibintangi oleh Daniel Craig sebagai Benoit Blanc. Ana de Armas sebagai Marta Cabrera, Chris Evans sebagai Ransom Drysdale, Jamie Lee Curtis sebagai Linda Drysdale. Toni Collette sebagai Joni Thrombey, Don Johnson sebagai Richard Drysdal, Katherine Langford sebagai Meg, Michael Shannon sebagai Walt Thrombey. Dan Christopher Plummer sebagai Harlan Thrombey.

Knives Out berhasil menyajikan obat penawar saat para penggemar film mulai ‘keracunan’ dengan Last Jedi-nya Rian Johnson. Nggak seperti Last Jedi, di film ini Rian Johnson berhasil membangun narasi cerita yang ‘tak biasa’. Walaupun konsep cerita misteri pembunuhan a-la Agatha Christie ini terbilang nggak ‘unik’, namun entah kenapa Johnson berhasil meraciknya hingga memiliki greget yang luar biasa.

Dengan cerdas, Rian Johnson menggunakan plot maju-mundur yang tanpa sedikitpun membuat penontonnya bingung. Justru, teknik yang ia gunakan tersebut sukses membuat para penonton mampu mengikuti pola pikir sang tokok detektif; Benoit Blanc yang diperankan oleh Daniel Craig. Satu persatu puzzle yang berantakan perlahan menyatu di benak para penonton, hingga akhirnya harus dibuyarkan dengan plot twist yang cukup ekstrim di akhir film.

Review Knives Out

Pendalaman masing-masing karakternya pun terbilang cukup mengena. Walaupun ada beberapa karakter yang kurang eksposur (itupun bisa dianggap pengecualian, karena ‘hanya’ minor karakter).

Namun, yang paling menyita perhatian di film ini adalah akting Daniel Craig sebagai detektif swasta yang disewa secara misterius. Daniel Craig mampu menghilangkan persona ‘James Bond’ yang sudah cukup lama melekat pada dirinya. Penonton dibuat langsung jatuh cinta dengan aktingnya yang mampu membawa emosi dan menggiring opini para penonton.

Dan, sepertinya tak adil jika hanya menyematkan kredit pada Rian Johnson dan Daniel Craig untuk kesuksesan film ini. Chris Evans yang memerankan sosok cucu Harlan; Ransom juga tampil tak kalah ciamik. Evans pun terbilang sukses bikin penonton geregetan dengan sikapnya yang ‘tengil’ diawal film. Sungguh jauh berbeda dengan yang selama ini kita kenal; Chris Evans sebagai Captain America yang bermartabat dan penuh tanggung jawab.

Overall, Rian Johnson berhasil menyuguhkan film pembunuhan a-la Agatha Christie yang penuh misteri, dengan sedikit bumbu komedi dengan ending cerita yang tak tertebak. Buat para penonton yang rindu akan film-film misteri pembunuhan tanpa harus memutar otak terlalu keras, sepertinya Knives Out merupakan film yang cocok.

Review Knives Out

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *