The Dirt, Kisah Urakan Band Motley Crue

The Dirt merupakan film biopic yang mengisahakan perjalan hidup band legendaris era 80-an: Motley Crue. Film ini diangkat dari sebuah buku yang berjudul The Dirt: Confessions of the World’s Most Notorious Rock Band. Buku tersebut ditulis oleh salah satu anggota band tersebut, yaitu Tommy Lee sang Drummer.

Motley Crue, Seks , Narkoba dan Miras

Film ini akan membawa kita kembali ke tahun 1980-an. Saat Band Motley Crue terbentuk pertama kalinya di Los Angeles, California. Saat itu, Nikki Sixx sang bassis bersama dengan Tommy Lee berencana membentuk sebuah band baru, setelah mereka gagal bersama band sebelumnya.

Baca juga : Dallas Buyers Club Review, Kisah Nyata tentang Pengidap HIV

Nikki dan Tommy lalu mengadakan audisi untuk merekrut anggota lainnya. Mick Mars kemudian bergabung sebagai gitaris melalui proses audisi yang seadanya. Disusul oleh Vince Neil sebagai vokalis yang merupakan teman SMA dari Tommy Lee. Bersama mereka ber-empat kemudian berlatih dan membuat lagu.

The Dirt

Motley Crue pun mulai manggung di gigs-gigs kelas bawah di California, Los Angeles. Seiring berjalannya waktu, nama mereka kian dikenal, hingga puncaknya Motley Crue ditawari bekerja sama dengan salah satu label musik yang cukup ternama. Berawal dari sini, nama Motley Crue semakin terkenal. Hingga puncaknya, mereka berhasil merilis album perdana dan melakukan tur keliling Amerika. Naik-turun karir band Motley Crue serta liarnya para anggota band-nya dalam hal Seks, narkoba dan minuman keras dibahas habis di film ini.

Tak hanya, perjalanan band Motley Crue saja yang diangkat di film ini. Satu persatu kisah perjalanan hidup anggota band-nya pun ikut dibahas. Mulai dari masa kecil Nikki Sixx yang suram, hidup nyaman Tommy Lee hingga kisah Vince yang bergelimang wanita dan Mick Mars dengan sakit punggungnya.

Digarap oleh sutradara JackAss

Film ini disutradarai oleh Jeff Tremaine yang terkenal lewat Bad Grandpa dan JackAss. Untuk naskahnya digarap oleh Amanda Adelson yang diambil dari Buku The Dirt: Confessions of the World’s Most Notorious Rock Band karya Tommy Lee. Sedangkan sosok anggota Motley Crue diisi oleh Machine Gun Kelly sebagai Tommy Lee, Douglas Booth sebagai Nikki Sixx. Daniel Webber sebagai Vince Neil dan Iwan Rheon memerankan sosok Mick Mars. The Dirt di produksi oleh Netflix dan sudah tayang sejak 23 Maret yang lalu.

Plot cerita film-nya terbilang sederhana, mungkin karena diangkat dari sebuah buku dan berdasarkan kejadian nyata. Jadi tak banyak yang bisa di eksplorasi dari hal tersebut. Sinematografi-nya pun sepertinya digarap tak terlalu serius. Tak banyak terlihat adegan-adegan dengan teknik pengambilan gambar yang luar biasa, hampir semuanya terlihat biasa saja. Yang paling menonjol adalah saat momen-momen diatas panggung yang sangat terlihat seperti sebuah settingan. Padahal momen seperti ini bisa di maksimalkan dengan menggunakan efek CGI seperti yang ada di Bohemian Rhapsody.

Penggunaan footage asli yang digabungkan juga sangat sedikit sekali. Terhitung hanya 1-2 footage yang dimasukkan kedalam film. Padahal memasukkan footage kedalam film biopic saat ini seperti dianggap sebuah keharusan. Namun, kekurangan tersebut terbayar lunas dengan scoring musik-nya. Beberapa kali terdengar lagu-lagu hits Motley Crue seperti Home Sweet Home yang di aransemen ulang diputar sebagai backsound.

Konsep Narasi yang Luar Biasa

Tak hanya itu, yang jadi keunggulan film ini adalah konsep narasi. Sepanajang film, penonton akan disuguhkan narasi dari para pemeran mengenai sosok yang diperankannya. Jadi, kita sebagai penonton akan merasakan menonton sebuah film biopik dengan sensasi film dokumenter. Ah, alangkah sempurnanya jika film ini banyak memasukkan footage-footage asli sebagai referal para penonton.

Overall, The Dirt masih sangat layak ditonton. Namun sepertinya masih belum mampu menyamai kualitas Bohemian Rhapsody-nya Queen. Worth to watch! Eits tapi jangan lupa, di film ini sangat banyak adegan nudity dan penggunaan narkoba. Jadi, jangan menonton bersama anak dibawah umur ya.

The Dirt
Poster The Dirt
4127 kali dilihat
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail