Review The Shape of Water: Film Khas Del Toro yang Juara

Review The Shape of WaterGuillermo del Toro sangat dikenal sebagai sutradara spesialisasi film- film ciamik bertema Fabel, Fantasi dan yang berhubungan dengan mahluk-mahluk aneh. Dari mulai Mimic (1997), Blade II (2002), Hellboy (2004), Pans Labyrinth (2006) dan yang bakal saya bahas; The Shape of Water.

The Shape of Water dibintangi oleh Sally Hawkins (Paddington, Godzilla), Michael Shannon (Batman v Superman: Dawn of Justice), Richard Jenkins (The Cabin in the Woods). Dan Doug Jones (Hellboy II: The Golden Army, Fantastic 4). Film ini sendiri mendapat 4 Oscar dari 13 kategori yang dinominasikan.

Sinopsis The Shape of Water

Film The Shape of Water berlatar belakang Amerika dimasa perang dingin, tahun 1962. Di sebuah Laboratorium penelitian milik pemerintah, dimana seorang petugas kebersihan yang Bisu ; Elisa (Sally Hawkins) bekerja. Kehidupan Elisa digambarkan biasa-biasa saja, malah terbilang sedikit membosankan. Namun, hidupnya lalu berubah saat dia bersama teman kerjanya Zelda (Octavia Spencer) melihat eksperimen rahasia yang melibatkan sesosok mahluk aneh. Mahluk yang menarik rasa penasaran Elisa, Mahluk yang ditempatkan dalam sebuah tangki air raksasa. Mahluk yang sangat misterius.

Review The Shape of Water

Suatu hari, terjadi sebuah ‘kecelakaan’, dimana dua jari Richard Strickland si pemimpin penelitian putus. Elisa dan Zelda kemudian ditugaskan untuk membersihkan sisa-sisa ‘kecelakaan’ tersebut. Disana Elisa melihat langsung sosok Mahluk misterius di dalam tangki dan mencoba berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat yang ternyata dapat dimengerti oleh si Mahluk tersebut. Sejak saat itu, Elisa kerap datang diam-diam ke ruangan dimana Mahluk tersebut berada dan membawakan makanan serta memperkenalkannya dengan musik.

Konflik mulai terjadi saat Dr. Robert Hoffstetler (Michael Stuhlbarg) mengetahui bahwa mahluk tersebut akan dibunuh untuk dijadikan bahan penelitian. Hoffstetler dengan bantuan Elisa, Zelda dan Giles (Richard Jenkins) berusaha untuk menyelamatkan Mahluk tersebut dengan membawanya keluar dari Laboratorium.

Baca juga : Review 47 Meters Down: Film Shark Attack Pengobat Rindu

Memiliki Ciri Khas del Toro

Seperti yang udah saya mention di awal tulisan, Guillermo del Toro merupakan jagonya bikin film-film model seperti ini. Sinematografi-nya mirip dengan Hellboy dan Pan’s Labyrinth, khas, sedikit dark dan gloomy. Yang membedakan film ini dengan judul-judul diatas adalah tidak adanya humor dan jokes khas del Toro, namun jelas bukanlah sebuah poin berarti yang mempengaruhi film.

Review The Shape of Water

Kualitas Akting para pemerannya juga tak bisa dianggap remeh. Sally Hawkins bener-bener mencuri perhatian dengan aktingnya sebagai wanita bisu yang jatuh hati kepada mahluk aneh nan misterus. Pun begitu dengan Richard Jenkins yang berhasil memerankan sosok kebapakkan sekaligus sahabat juga tetangga Elisa. Tak salah rasanya jika mereka berdua masing-masing dinominasikan sebagai Best Leading Role dan Best Supporting Role di Oscar 2018 kemarin.

Buat saya sendiri Sinematografi dan kualitas akting para cast-nya bukanlah poin-poin juara dalam film ini. Plot dan design produksinya lah yang membuatnya jadi film juara. Plot-nya sangat standar dan simple, tak ada yang njelimet atau hal yang bikin pusing kepala ketika menontonnya. Namun, dibalik plot yang simple, di akhir film penonton akan disuguhkan fakta yang ‘sedikit’ mengagetkan’ perihal kebisuan yang di derita Elisa.

Desain Produksi yang Ciamik

Design produksinya juga juaraaa banget, wardrobe yang digunakan hingga special make-up untuk si mahluk misterius terbilang luar biasa. Sangat detail dan begitu nyata. Sayang-nya, untuk design karakter mahluk misterius masih terlalu mirip dengan karakter Abe Sapien dari film Hellboy. Hal ini bukannya hal aneh, karena emmang sama-sama di sutradarai oleh del Toro, dan sosok mahluk misteriusnya/ Abe Sapien juga diperankan oleh orang yang sama; Doug Jones.

Overall, nih film sangat wajib banget masuk daftar koleksi. Untuk itu saya dengan percaya diri memberikan rating 7.8/ 10. Sayang ada beberapa adegan nudity dan sedikit adegan bloody yang membuat film ini agak riskan jika harus ditonton bareng keluarga/anak-anak.

Review The Shape of Water
298 kali dilihat
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail