Review Film Us 2019

Dua tahun yang lalu seorang pelawak berhasil menjadi sutradara film komedi horor-pemenang Academy Award berjudul Get Out; Jordan Peele namanya. Film tersebut mampu menyedot perhatian publik dan langsung menjadi pilar budaya pop dan meme. Kali ini Jordan Peele mempersembahkan film ‘Us’.

Sebuah film Horor yang memiliki DNA serupa dengan Get Out namun memiliki kerangka cerita yang lebih kuat dan sulit ditebak. Peele berhasil meracik cerita yang twistet dengan konsep yang luar biasa. Jika digambarkan film ini memiliki konsep seperti Twilight Zone namun punya rasa seperti Get Out.

Baca juga : One Cut Of The Dead akan Di Remake

Dikisahkan si tokoh utama bernama Adelaide yang diperankan Lupita Nyong’o. Adelaide memiliki trauma masa kecil, yang hingga dia beranjak dewasa belum juga hilang. Lalu trauma tersebut kembali menghantui saat Adelaide bersama keluarga-nya kembali ke tempat di mana hal itu terjadi beberapa dekade yang lalu.

Meskipun suaminya, Gabe (diperankan oleh Winston Duke) memastikan kalau semuanya akan baik-baik saja, tetapi mereka tidak menduga kalau sekelompok doppelgangers berpakaian merah akan menyerang rumah mereka dengan cara yang mengerikan dan sangat tak terduga.

Notes pengertian doppelganger : Dari pengertian masyarakat umum, doppelganger adalah kata yang berasal dari bahasa Jerman, yaitu doppel (ganda) dan Gaenger (perjalanan). Dan jika digabungkan, maka memiliki pengertian sebuah pantulan dari seseorang yang terlihat nyata dan identik, dan muncul dalam waktu yang bersamaan

Baca juga : The Negotiator, Samuel L Jackson Vs Kevin Spacey

Kualitas akting Nyong’o memang diatas standar, dia berhasil menampilkan dua sisi kepribadian yang berbeda. Dari sisi sifat galak dan kekeluargaan Adelaide hingga sisi dingin dan penuh perhitungan versi doppelganger-nya. Nyong’o berhasil menjalin keintiman antar dua karakter berbeda dan memadukannya. Sehingga kalian mungkin harus sering mengingatkan diri sendiri bahwa mereka berdua adalah orang yang sama.

Cast lainnya juga terbilang memiliki kualitas ok punya. Winston Duke berhasil menyajikan sedikit kelucuan ditengah maraknya adegan-adegan horor ‘njelimet’ khas Jordan Peele. Begitu pula dengan Shahadi Wright Joseph dan Evan Alex yang memerankan sosok anak-anak dari karakter Nyong’o dan Duke serta doppelganger mereka sendiri, yang berhasil membawa realitas film ke dunia nyata.

Sepertinya Jordan Peele sangat mengerti cara mengolah sebuah film bertema horor seperti Us dan Get Out. Hal ini tentu saja mengingatkan kita akan Quentine Tarantino saat diawal dia membuat film masterpiece-nya dengan genre Crime Thriller, yang kemudian mempengaruhi cara membuat film generasi-generasi sesudahnya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *