Siapa Beta Ray Bill?

Beta Ray Bill adalah salah satu tokoh superhero buatan Marvel yang berasal dari ‘The Burning Galaxy’. Nama Beta Ray Bill, emang agak kurang familiar di telinga para penikmat film (superheroes) di Indonesia. Beta Ray Bill sendiri sangat erat kaitannya dengan Thor, bahkan di fim Thor: Ragnarok terdapat Easter Egg penampakan dari Beta Ray Bill, unik-nya lagi berdasarkan pengakuan dari salah satu penulis film Thor: Ragnarok, Bill sempet muncul namun pada akhirnya adegan tersebut harus dihilangkan daam proses editing, Siapa Beta Ray Bill?.

Beta Ray Bill merupakan seorang superhero yang memiliki wujud ‘sedikit’ aneh (untuk ukuran Superheroes). Tubuhnya nya normal seperti manusia biasa namun memiliki wajah yang menyerupai Kuda. Doi merupakan Ras Korbinites dari The Burning Galaxy.

Awal kemunculannya di Marvel (Versi komik) adalah saat planet-nya diserang oleh Surtur. Ras Korbinites kemudian memilih seorang pejuang yang kemudian dilakukan rekayasa genetik hingga akhirnya lahirlah mahluk yang sekarang menjelma menjadi sosok yang kuat. Beta Ray Bill memiliki sebuah pesawat yang diberi nama; Skuttlebutt.

Saat tengah bertarung melawan Surtur dan pasukannya, Bill bersama Skuttlebutt terdampar di Milkyway. Hal ini terdeteksi oleh Nick Fury dari S.H.I.E.L.D, Thor kemudian ditugaskan untuk memeriksa hal tersebut. Bill menganggap ini sebuah intimidasi dan kemudian mereka pun akhirnya bertarung. Pertarungan ini dikisahkan begitu dashyat hingga mereka berdua terlempar ke bumi. Saat bertarung Thor sempat terpisah dengan Palu-nya; Mjolnir, penasaran si Bill mencoba mengambilnya dan berhasil. Selanjutnya, Bill dengan kekuatan Mjolnir berhasi mengalahkan Thor.

Nggak sampai disitu, pertarungan tetap berlanjut. Odin yang mengetahui hal ini lalu menteleportasi mereka berdua ke Asgard untuk menyelesaikan perselisihan. Odin lalu memerintahkan mereka berdua untuk bertarung sampai mati untuk membuktikan siapa yang pantas untuk memiliki Mjolnir di Skartheim. Pada pertarungan kali ini, Thor kembali kalah oleh Beta Bill Ray, namun Bill menolak untuk membunuh Thor, bahkan doi nggak mengambil Mjolnir yang memang sudah menjadi Hak-nya.

Melihat hal tersebut Odin, lalu memerintahkan para kurcaci untuk membuat sebuah palu khusus untuk Beta Bill Ray. Palu tersebut terbuat dari logam Uru, logam yang sama dengan logam yang membuat Mjolnir, palu tersebut kemudian diberi nama Stormbreaker. Sejak kejadian tersebut Beta Ray Bill berjanji untuk setia kepada Odin dan Asgard; “I may not be a native son of the realm eternal, but the power in my hammer comes from Odin himself. So Beta Ray Bill fights for Asgard! On this day and all the tomorrows!” Begitu kata Bill saat menerima Stormbreaker dari Odin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.