Begini Urutan Film dalam Marvel Cinematic Universe

10 tahun yang lalu, Marvel memperkenalkan sebuah konsep menonton film yang unik dan inovatif dengan sebuah timeline yang sama. Konsep tersebut lalu tumbuh menjadi franchise film terbesar di jagat raya. Marvel membuat beberapa (baca: banyak) film yang juga berisi banyak Superhero dan memasukkannya kedalam sebuah Universe. Semua film dan karakter didalamnya terdapat benang merah yang saling terhubung. Marvel lalu menyebutnya sebagai Urutan Marvel Cinematic Universe.

Tak lama lagi Avengers: Endgame akan dirilis, film tersebut merupakan ‘penutup’ dari Marvel Cinematic Universe saga #1. Untuk kalian yang bingung dengan plot cerita dari kesemua universe tersebut, icinema akan membantu kalian mengurutkan filmnya dalam Marvel Cinematic Universe sesuai timeline.

Berikut ini adalah urutan ketika semua film Marvel Cinematic Universe berlangsung. Ini adalah urutan kronologis, bukan urutan rilisi filmnya ya gaes. Misalnya Captai Marvel dirilis pada tahun 2019 tetapi didalam timeline Marvel Cinematic Universe film tersebut berada jauh sebelum Iron Man pertama.

Urutan Marvel Cinematic Universe

Klik pada gambar untuk tampilan lebih besar

List Timeline Marvel Cinematic Universe

  • 1943-1945: Captain America: The First Avenger
  • 1995: Captain Marvel
  • 2010: Iron Man
  • 2011: Iron Man 2, The Incredible Hulk, Thor
  • 2012: The Avengers, Iron Man 3
  • 2013: Thor: The Dark World
  • 2014: Captain America: The Winter Soldier, Guardians of the Galaxy, Guardians of the Galaxy Vol. 2
  • 2015: Avengers: Age of Ultron, Ant-Man
  • 2016: Captain America: Civil War, Spider-Man: Homecoming, Black Panther
  • 2016 through to 2017: Doctor Strange
  • 2017: Thor: Ragnarok
  • 2018: Avengers: Infinity War, Ant-Man & the Wasp
  • 2019: Avengers: Endgame, Spider-Man: Far From Home

Menjelang Avengers: Endgame kalian yang masih bingung atau lupa-lupa inget bisa coba menonton ulang film-film dalam Marvel Cinematic Universe seperti urutan diatas.

Nah, jika kalian sudah cukup memahami timeline diatas, ada baiknya kita coba gali lebih dalam tentang Marvel Cinematic Universe. Mulai dari The Dawn of Time hingga ke Snap-nya Thanos.

Kelahiran Alam semesta

Marvel Cinematic Universe

Dalam Universe-nya, Marvel menggunakan metode yang disebut dengan “cyclic model,”. Cyclic Model adalah sebuah siklus dimana kematian dan kelahiran akan terus berputar tanpa akhir. Menurut the Collector di film Guardians of The Galaxy; Infinity stones lahir dari alam semesta sebelum manusia tercipta.

“Sebelum dunia tercipta, ada enam singularitas yang kemudian terjadi ledakan kosmik lalu terbentuklah dunia yang kita kenal sekarang. Dan sisa-sisa singularitas ini tertempa menjadi … Infinity Stones.”

Infinity Stones bukanlah satu-satunya hal untuk bertahan dalam ledakan kosmik tersebut. Sebelum terjadi ledakan alam semesta dihuni oleh para Dark Elves. Setelah ledakan beberapa di antaranya mati sementara yang mampu bertahan masuk ke universe yang sekarang. Mereka menetap di ranah Svartalfheim, dan terus mencoba untuk berusaha mengembalikan alam semesta mereka yang gelap.

The Age of Celestials

Marvel Cinematic Universe

Di hari-hari awal alam semesta Ras yang sangat powerfull yang dikenal sebagai Celestial dilahirkan. Makhluk-makhluk ini ditempa dari apa yang disebut “Living Light”, yang mereka gunakan untuk memanipulasi materi dan membentuk tubuh mereka sendiri. Ditenggarai The Celestial lah yang “menempa” Infinity Stones ke bentuk-nya saat ini. Mereka juga mengambil alih Power Stone dan menggunakannya untuk membangun peradabannya.

Namun nasib terakhir Celestial tidak jelas, tampaknya ras lain bangkit untuk berperang melawan mereka. Setelah itu orang-orang Celestial dianggap telah punah, dengan hanya potongan-potongan tubuh mereka yang tertinggal; satu tengkorak raksasa yang akhirnya menjadi instalasi di planet Knowhere. Diketahui hanya satu Celestial terakhir yang tersisa, makhluk lain memanggil dirinya Ego.

Awal munculnya Vibranium di Wakanda

2,5 juta tahun yang lalu, sebuah meteorit Vibranium jatuh di Afrika Timur. Seluruh area tertutup oleh debu Vibranium. Debu vibranium tersebut lalu menjelma menjadi logam yang sangat kuat bahkan lebih kuat dari Baja, material terkuat di bumi. Suku-suku yang berada di daerah tersebut bertempur untuk memperebutkan Logam Vibranium tersebut. Konflik kesukuan akhirnya berakhir ketika seorang kepala suku, Bashenga, menerima ‘mandat’ dari Dewa Panther. Atas bimbingan Dewa Panther, Bashenga menemukan Ramuan Heart-Shaped Herb yang langka. Setelah meminum ramuan ini Bashenga lalu memiliki kekuatan super yang luar biasa. Bashenga menggunakan kekuatan ini untuk menyatukan suku-suku, dan membentuk peradaban pertama di dunia – Wakanda. Dia lalu menjadi Black Panther pertama.

Bashenga adalah orang yang pertama kali memperkenalkan suku-suku di Wakanda untuk mulai memanfaatkan Vibranium, membangun teknologi super canggih untuk mensejahterakan Wakanda. Karena keunikan dan kekuatannya yang super, Bashenga lalu membuat isolasi dan merahasiakan adanya vibranium dari dunia luar karena takut vibranium akan jadi buruan manusia-manusia lain di dunia dan nantinya akan menimbulkan perang.

Untuk membaca selanjutnya, silahkan klik disini atau klik halaman page dibawah

4991 kali dilihat
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cool good eh love2 cute confused notgood numb disgusting fail